BPBD : Titik Panas Kembali Muncul di Katingan

IST/BS - Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Roby.

KASONGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan mengatakan titik panas mulai muncul di daerah yang rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Ia benar ada mulai terpantau titik Panas muncul dibeberapa tempat. Dari catatan kami sampai dengan tanggal 16 Juni titik hotspot itu berasal dari pembakaran sisa kayu olahan di bansaw-bansaw di desa Kecamatan Sanaman Mantikei dan pembukaan lahan masyarakat di tanah mineral dengan luasan yang kecil serta tidak berlangsung berhari-hari pada titik lokasi yang sama,” jelasnya. Senin, 20 Juni 2022.

BACA JUGA:   Forum Puspa Diharapkan Dapat Membantu Tingkatkan Kesejahteraan Perempuan Dan Anak
Data titik Hotspot sumber BPBD Katingan.

Sedangkan menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit di Kabupaten Katingan, titik panas terdapat 2 titik panas di Kecamatan Katingan Hilir dan 4 titik panas di Kecamatan Pulau Malam.

Ditinjau dari analisa parameter cuaca BMKG, potensi terjadinya kemudahan kebakaran di Kalteng secara keseluruhan dikategorikan masih aman dari potensi kebakaran.

BACA JUGA:   Banjir Susulan Mulai Terasa, BPBD : Luapan Air Tidak Separah di Bagian Hulu Katingan

Kendati demikian, Roby mengiatkan bagi masyarakat yang ingin membuka lahan pertanian untuk tidak dengan cara membakar lahan. Penting menurutnya kesadaran semua pihak.

“Mohon bantuannya untuk saling menjaga lingkungan dan stop membakar lahan dengan cara dibakar,” pungkasnya..

(Kawit/Beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)