Harga Telur Ayam Broiler di Kobar Naik Drastis

Ilustrasi_Kang Maman.

PANGKALAN BUN – Saat ini harga telur ayam broiler di sejumlah Pasar Tradisonal dan Warung di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, naik drastis.

Pantauan beritasampit.co.id, Senin 20 Juni 2022 saat monitoring ke pasar tradisional Palagan Sari dan Idra Sari di Pangkalan Bun, harga telur ayam broiler pada minggu lalu harganya satu piring Rp 45.000, namun kini menjadi Rp 60.000.

“Isinya satu piring ada 30 butir telur Pak, dan harganya naik sudah seminggu lebih,” kata Ibu Aripin pedangan telur di Pasar Indrasari, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, Senin 20 Juni 2022.

BACA JUGA:   Ini Cara Perumdam Tirta Arut Memanjakan Pelanggan Agar Tidak Menunggak

Terpisah Kardono, salah seorang agen telur mengatakan peternak telur ayam broiler di Kabupaten Kobar sangat sedikit.

“Kebanyakan, telur ayam broiler dipasok dari luar kota, bahkan dari Jawa. Dan harga telur bisa naik drastis sampai Rp 60.000 satu piring, informasinya karena harga pakannya di Jawa sedang naik, jadi dampaknya harga telor juga ikut naik,” ujar Kardono.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Kobar Apresiasi Program "SIMPAJAR" BPR Marunting Sejahtera Masuk Sekolah Dasar ke Pelosok Desa

Menurut Kardono, dari pengalaman usahanya masalah naiknya harga telur, itu sudah biasa. Karena memang, harga telur setiap 3 bulan tidak menentu ada turun harga normal dari Rp 40 ribu, Rp 42 ribu sapai Rp 45.000 satu piring, terkadang naik lagi jadi Rp 50.000 satu piring.

“Jadi pada umumnya, naik turunnya harga telur di Pangkalan Bun disesuaikan dengan harga yang berlaku di Jawa,” imbuhnya. (Man/beritasampit.co.id).