Resmikan Poliklinik Terpadu RSUD Pangkalpinang, Puan Tekankan Layanan Berkualitas Bagi Rakyat

Ketua DPR RI Puan Maharani

JAKARTA– Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Poliklinik terpadu RSUD Depati Hamzah, Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel). Ia pun menekankan pentingnya fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Meresmikan Poliklinik Rawat Jalan UPTD (Unit Pelaksana Teknik Daerah) RSUD Depati Hamzah menjadi salah satu agenda kunjungan kerja Puan di Pangkalpinang, Senin (20/6/2022). Fasilitas Poliklinik baru ini mengintegrasikan pelayanan 27 klinik dokter spesialis yang tadinya terpisah-pisah dalam 3 blok gedung sehingga kerap membuat masyarakat kerepotan.

“Di dalam konstitusi kita sudah tertulis jelas, bahwa setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh layanan kesehatan. Artinya sudah menjadi tugas negara untuk menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas kepada rakyat,” kata Puan dalam acara peresmian.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini mengatakan, Pemerintah Pusat dan Daerah punya kewajiban untuk merealisasikan amanat konstitusi itu.

Oleh karenanya, Puan menyambut baik peningkatan layanan kesehatan di RSUD Depati Hamzah lewat pembangunan fasilitas layanan kesehatan baru yang di dalamnya sudah tersedia farmasi rawat jalan serta berdekatan dengan UGD dan Radiologi tersebut.

“Insya Allah kita harapkan rakyat yang datang ke RSUD Depati Hamzah tidak lagi merasa repot, tetapi pasien datang ke sini tahu bahwa akan mendapat layanan kesehatan yang berkualitas, ramah, dan membuat nyaman,” tuturnya.

Puan mengingatkan Pemprov Babel dan Pemkot Pangkalpinang serta para tenaga kesehatan agar menjadi yang terdepan dalam mempromosikan pola hidup sehat kepada masyarakat. Baik yang bisa dilakukan mandiri oleh masyarakat, maupun yang perlu difasilitasi oleh Pemerintah.

Mulai dari aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, memeriksa kesehatan secara rutin, serta membersihkan lingkungan juga menggunakan jamban.

“Sebab jika kita ingin Indonesia sehat, jika kita ingin masyarakat Indonesia benar-benar sehat, maka peningkatan kualitas layanan kesehatan harus bergerak berdampingan dengan upaya preventif kesehatan,” ujar Puan.

“Jadi saya harap di hari ini kita tidak hanya meresmikan fasilitas layanan kesehatan yang baru, tetapi kita bangkitkan juga pola hidup sehat. Semangat Indonesia yang sehat, untuk mencapai Indonesia yang raya,” imbuh mantan Menko PMK itu.

Usai melakukan peresmian secara simbolis, Puan lalu meninjau Poliklinik Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah didampingi Direktur rumah sakit, dr Della Rianadita. Di bagian pendaftaran, ia berbicang dengan sejumlah pasien, termasuk mengenai pelayanan BPJS di rumah sakit tersebut.

Puan juga meninjau ruangan dan fasilitas di sejumlah klinik seperti klinik mata, gigi, dan jantung. Kemudian ia pun berdialog dengan sejumlah dokter RSUD Depati Hamzah.

Peresmian Poliklinik Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah turut dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin. Selain itu hadir pula Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil dan sejumlah Forkopimda.

(dis/beritasampit.co.id)