Seorang Calon Haji Kalsel Wafat di Madinah

Jamaah calon haji Kalsel saat hendak berangkat ke tanah suci Mekkah untuk ibadah haji 2022.(Antara/HO)

BANJARMASIN – Kabar duka kembali merundung jamaah haji Provinsi Kalimantan Selatan, setelah seorang calon haji dari kloter 3 Embarkasi Banjarmasin wafat di Madinah, Arab Saudi, Minggu sekitar pukul 18.00 Waktu Arab Saudi (WAB).

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Rusbandi di Banjarmasin, Senin 20 Juni 2022, mengungkapkan, satu calon haji Kalsel yang meninggal tersebut bernama Sugiansyah Basuki M Yamin berusia 50 tahun dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Menurut kabar dari petugas kesehatan haji Indonesia di Madinah, ujarnya, calhaj yang wafat ini tidak karena sakit parah sebelumnya, sebab beraktivitas seperti jamaah lainnya.

Dari kronologinya, kata Rusbandi, calhaj pada setelah shalat Subuh ikut kegiatan ziarah, hingga shalat zuhur di Masjid Nabawi.

“Setelah pulang ke hotel beliau tidur,” katanya.

Setelah itu, lanjut dia, calhaj kembali ke Masjid Nabawi untuk shalat Ashar hingga pulang lagi ke hotel.

“Saat di hotel almarhum ngobrol beserta teman sekamarnya, dinyatakan tidak apa-apa,” ujarnya.

Baru sekitar pukul 17.45 WAS, ujar Rusbandi, calhaj tersebut tiba-tiba jatuh saat keluar dari kamar mandi.

“Di lihat langsung oleh pegawai hotel. Menurut pengakuannya, almarhum memegang dada kiri saat jatuh,” ucapnya.

Setelah kejadian itu, calhaj mendapat pertolongan pertama dan di bawa tempat kesehatan hingga mendapat perawatan intensif.

“Sekitar pukul 18.00 WAS setelah dilakukan pertolongan kesehatan tersebut akhirnya dinyatakan meninggal dunia,” ujarnya.

Dengan demikian sudah ada 2 calhaj Kalsel yang wafat, yang pertama bernama Samsinah binti Usman Hasbulah (50) dari kloter 1 asal Balangan saat dalam penerbangan ke Madinah.

Embarkasi Banjarmasin, Kalsel akan menerbangkan sebanyak 7 kloter, yaitu 5 kloter dari Kalsel dengan kuota haji sebanyak 1.743 orang.

Sementara itu 2 kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan kuota haji sebanyak 739 orang.

ANTARA