Timsel Ajak Perempuan Ikut Mendaftar Calon Anggota Bawaslu Kalteng

Logo Bawaslu (ANTARA/HO-Bawaslu Kalteng)

PALANGKA RAYA – Tim seleksi (timsel) mengajak kalangan perempuan ikut mendaftar sebagai calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kami harap nantinya ada keterwakilan perempuan yang terpilih menjadi anggota Bawaslu Kalteng. Untuk itu kami mendorong perempuan di Kalteng berpartisipasi pada proses pendaftaran,” kata Ketua Tim Seleksi Hamdanah di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan partisipasi atau keberadaan perempuan dalam suatu lembaga serta kegiatan sangat diperlukan. Hal ini sebagai bentuk kesetaraan gender dan bukti bahwa wanita merupakan sosok hebat dan berkualitas.

Hamdanah mengatakan timsel sejak 13 Juni 2022 telah memulai tahapan pendaftaran calon anggota Bawaslu Provinsi Kalteng.

Dia mengatakan terkait persyaratan, maka masyarakat dapat melihat dan mengunduh di laman (website) resmi Bawaslu Kalteng di kalteng.bawaslu.go.id, Instagram @bawaslukalteng, dan Facebook @bawasluprovkalteng.

Dia menambahkan masyarakat yang akan berpartisipasi dalam penjaringan calon komisioner Bawaslu Provinsi Kalteng dapat menyerahkan seluruh dokumen persyaratan ke sekretariat tim seleksi.

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Berhasil Amankan 23 Barang Bukti dari Delapan Tersangka Curanmor

“Alamatnya di Jalan G Obos KM 3,5 Ruko Nomor 4 atau di seberang Universitas Terbuka sesuai dengan waktu yang ditetapkan,” katanya.

Nantinya, para pendaftar calon komisioner Bawaslu Provinsi Kalteng yang lolos administrasi wajib membuat makalah tentang pengawasan kepemiluan serta disampaikan saat tes tertulis pada 18 Juli 2022, sedangkan tim seleksi bertugas melaksanakan seluruh tahapan seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Kalteng pada periode 2022-2027.

“Jadi tahapan seleksi dimulai pengumuman dan pendaftaran calon komisioner pada 13-21 Juni 2022. Penerimaan pendaftaran dilakukan sejak 22-30 Juni 2022,” katanya.

Selanjutnya, tahapan seleksi berkas administrasi dan pengumuman hasil penelitian atau seleksi oleh tim seleksi dilakukan pada 6-13 Juli. Tahapan dilanjutkan dengan tes tertulis, tes psikologi, dan pengumuman hasil tes pada 18-25 Juli 2022.

BACA JUGA:   Terpilih Jadi Anggota DPRD Kalteng, Abdul Hafid: Kemenangan Masyarakat Kotim dan Seruyan

“Untuk mendapatkan calon anggota Bawaslu Provinsi Kalteng yang berintegritas, berkapabilitas, dan moralitas tinggi, maka tim seleksi pada 25-29 akan menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat terhadap para calon,” katanya.

Kemudian, calon yang lolos akan mengikuti tes kesehatan dan wawancara pada 26-29 Juli 2022. Pleno tim seleksi dilanjutkan pengumuman hasil tes kesehatan dan wawancara dilakukan pada 30 Juli-2 Agustus 2022.

“Sementara penyusunan laporan akhir penjaringan dan penyaringan nama calon komisioner Bawaslu Kalteng dan laporan akhir tim seleksi ke Bawaslu RI dilakukan pada 3-10 Agustus 2022,” kata Hamdanah.

Pada 22-26 Agustus, katanya, tahapan dilanjutkan dengan uji kepatutan dan kelayakan calon komisioner Bawaslu Kalteng, sedangkan pengumuman anggota Bawaslu Kalteng terpilih dilakukan 12 September 2022. Tahapan akhir dilakukan dengan pembekalan anggota terpilih yang dilakukan pada 21-23 September 2022.

ANTARA