BerAKHLAK Harus Menjadi Budaya Kerja ASN

HARDI/BERITA SAMPIT - Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng Sri Suwanto.

PALANGKA RAYA – Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Sri Suwanto menghadiri acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrasi Kepegawaian di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula BPSDM Provinsi Kalteng, Selasa 21 Juni 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Suwanto menyampaikan, reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dan bersih atau good and clean governance dan juga pelayanan publik yang prima.

Reformasi birokrasi menuntut adanya perubahan pola pikir dan budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Tanpa didukung tranformasi ASN tersebut, niscaya Reformasi Birokrasi tidak akan mungkin dapat terwujud.

“Oleh karena itu, internalisasi nilai-nilai dasar atau Core Values BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) harus dipupuk menjadi budaya kerja ASN,” katanya.

Komitmennya, untuk membangun budaya kerja ASN BerAKHLAK merupakan faktor penting dalam penguatan Reformasi Birokrasi, karena akan mendorong transformasi sistem kerja organisasi dan manajemen (pengelolaan) kinerja ASN, yang berorientasi pada output dan outcome.

“Oleh karena itu, saya menyambut baik kegiatan Bimbingan Teknis Kepegawaian yang diselenggarakan oleh Biro Administrasi Pimpinan pada hari ini, di mana salah satu materi pokok yang akan dibahas adalah mengenai Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 6 Tahun 2022 tersebut,” lugasnya.

Menjadi harapan bersama, bahwa kegiatan Bimtek ini akan dapat memperdalam pemahaman dan menyamakan persepsi berkenaan dengan implementasi Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2022, terutama dalam penerapan manajemen kinerja dan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Di samping itu, melalui Bimbingan Teknis ini, diharapkan juga dapat semakin memantapkan sinergisitas dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan yang lebih optimal, khususnya di bidang administrasi kepegawaian.

“Ke depan, saya harapkan Biro Administrasi Pimpinan dapat melahirkan berbagai terobosan dan inovasi melalui program-program bermanfaat lainnya, untuk mendukung upaya percepatan reformasi birokrasi serta peningkatan kualitas SDM dan kinerja ASN, khususnya di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka mewujudkan Kalteng BerAKHLAK penuh dengan keBERKAHan,” harapnya. (Hardi/beritasampit.co.id).