Kapolri Jenderal Listyo Rotasi 121 Kapolres, AKBP Alamsyah Pelupessy Jabat Kabag Bin Ops Polda Metro Jaya

AKBP Alamsyah Pelupessy

JAKARTA– Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) yang menjabat di lingkungan Korps Bhayangkara pada Selasa (21/6/2022).

Rotasi itu termaktub dalam lima surat telegram (ST) yang diterbitkan. Total ada tiga Kapolda dan 121 Kapolres yang digeser dan menempati jabatan baru.

Dari 121 Kapolres, dua di antaranya di Sumatera Selatan (Sumsel), yakni Kapolres Musi Banyuasin (Muba) dan Kapolres Ogan Ilir.

Kapolres Muba AKBP Alamsyah Pelupessy menempati posisi baru sebagai Kabag Bin Ops Biro Operasi (Roops) Polda Metro Jaya.

Sementara, Kapolres Ogan Ilir akan ditempati AKBP Andi Baso Rahman menggantikan AKBP Yusantiyo Sandhy yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirsamapta Polda Sumsel.

Rotasi Kapolres itu tertuang dalam surat telegram Nomor: ST/1215/VI/KEP./2022, dan ST/1216/VI/KEP./2022, per tanggal 20 Juni 2021 yang ditandatangani oleh As SDM Polri atas nama Kapolri.

“Rekap mutasi, tiga Kapolda: Papua Barat, Lampung dan Gorontalo. 121 Kapolres,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (21/6).

Dedi mengatakan mutasi itu juga merupakan bagian program rotasi jabatan yang rutin dilakukan kepolisian.

“TR mutasi merupakan hal alamiah dalam organisasi tour of duty dan tour of area serta penyegaran organisasi,” tandas
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Pada surat telegram itu, terhitung mulai saat ini disebutkan selama 14 hari. Perwira Menengah (Pamen) yang dirotasi segera menyelesaikan urusan administrasi sebelum dilakukan serah terima jabatan (sertijab).

(dis/beritasampit.co.id)