Pemkab Gunung Mas Pecahkan Rekor MURI, Pasang 5.020 Spanduk Anti Narkoba

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menerima piagam penghargaan dari Senior Manajer MURI Jusuf Ngandri usai upacara peringatan hari jadi ke-20 Gunung Mas di Kuala Kurun, Selasa (21/6/2022). ANTARA/Chandra

KUALA KURUN – Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pemasangan spanduk terbanyak tentang pernyataan perang melawan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (narkoba).

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong di Kuala Kurun, Selasa 21 Juni 2022 berharap keberhasilan ini diharap dapat menambah semangat dan keseriusan pemerintah dan seluruh pihak untuk memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Spanduk yang terpasang berjumlah 5.020 dan dipasang di sejumlah ruas jalan di Kuala Kurun. Angka 5.000 untuk memecahkan rekor MURI dan angka 20 simbol hari jadi ke-20 Gunung Mas yang jatuh pada 21 Juni 2022,” katanya.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Sasar Gereja Katolik Kuala Kurun Dalam Program Minggu Kasih

Menurut dia, spanduk berisi berbagai kalimat terkait pernyataan perang melawan narkoba, dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa daerah yakni Dayak Ngaju dan Dayak Ot Danum.

Dia bersyukur kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ berhasil memecahkan rekor MURI pemasangan spanduk terbanyak tentang pernyataan perang melawan narkoba.

“Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari dukungan seluruh pihak, termasuk masyarakat yang telah berperan dan ambil bagian dengan menjaga spanduk agar tetap terpasang saat tim MURI datang ke Kuala Kurun untuk melakukan penilaian lapangan,” kata dia.

Lebih lanjut, Jaya juga meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Gunung Mas untuk tidak mencoba-coba menggunakan narkoba. Begitu juga kepada seluruh perangkat pemerintah desa/kelurahan serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

BACA JUGA:   Pemkab Gumas Selaraskan Program untuk Meningkatkan Efisiensi Pembangunan Daerah

“ASN, perangkat pemerintah desa/kelurahan dan BPD harus menjadi contoh teladan bagi masyarakat di wilayahnya. Jika menemukan pengguna atau pengedar di wilayahnya segera laporkan kepada aparat kepolisian terdekat untuk dilakukan penanganan,” kata Jaya.

Senior Manajer MURI Jusuf Ngandri mengapresiasi keberhasilan Gunung Mas dalam memecahkan rekor dunia MURI terkait pemasangan spanduk terbanyak tentang pernyataan perang terhadap narkoba.

“Ini wujud kepedulian Gunung Mas kepada masyarakat khususnya generasi muda agar menjauhi narkoba. Ini sekaligus mengedukasi generasi muda agar tidak terpapar narkoba,” demikian Jusuf Ngandri.

ANTARA