Dewan Kalteng Dorong Pemprov Bangun Sekolah untuk Lulusan Terbaik

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing.

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong Pemerintah Provinsi Kalteng untuk dapat membangun sekolah tingkat menengah atas, untuk menampung lulusan terbaik tingkat menengah pertama atau SMP di Kalteng.

Menurutnya, langkah ini merupakan salah satu solusi dalam rangka menciptakan sumber daya manusia (SDM) di Kalteng yang handal, dan mampu bersaing baik secara nasional maupun internasional.

“Jika kita memiliki banyak memiliki SDM handal maka kedepan provinsi ini akan lebih maju lagi, karena SDM yang mumpuni itu sangat peting ada dan diciptakan sebanyak-banyaknya. Ini yang harus menjadi perhataian pemerintah,” katanya melalui rilis yang diterima pada Rabu 22 Juni 2022.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Desak Pemerintah Permudah Ekspor CPO

Dia mencontohkan, seperti halnya di Kalimantan Selatan (Kalsel), disana terdapat dua sekolah yang khusus untuk menampung lulusan SMP terbaik se-Kalsel. Di mana sekolah itu satunya dikelola oleh swasta, dan yang satunya lagi dikelola oleh pemerintah.

“Mereka yang menimba ilmu disekolah itu dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Kalsel. Sedangkan kita di Kalteng ini belum ada memiliki sekolah yang seperti itu. Jadi, jangan heran jika daerah lain lebih cepat maju dibanding kita. Karena, mereka banyak memiliki SDM mumpuni,” pungkasnya.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Minta Pemerintah Daerah Tingkatkan Kemampuan Generasi Muda

Seharusnya Pemerintah Provinsi Kalteng, dapat memikirkan hal tersebut jauh-jauh hari. Sehingga, lulusan terbaik yang memiliki nilai bagus dari setiap SMP di Kalteng ini bisa ditampung ke sekolah khusus tersebut. Kapan perlu juga, ketika mereka lulus bisa diberikan beasiswa agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia ini.

“Saya yakin jika ini dapat direalisasi maka Kalteng akan lebih banyak memeliki generasi penerus atau SDM yang handal kedepan. Harapan kita tentu, Pemprov Kalteng dapat memikirkan hal ini melalui dinas terkait,” tandasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).