Harga Sawit di Mukomuko-Bengkulu Turun hingga Rp120 Per Kilogram

Tandan buah segar kelapa sawit milik petani di Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko, Jumat (27/8/2021) ANTARA/Ferri.

Mukomuko – Harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit oleh sejumlah pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, turun hingga Rp120 per kilogram, Kamis, diduga karena masih terbatasnya penjualan minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) dari daerah ini.

“Harga TBS sawit hari ini turun di empat pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini berkisar Rp70 hingga Rp120 per kilogram,” kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Meri Marlina, di Mukomuko, Kamis 23 Juni 2022.

Ia mengatakan hal itu setelah mendapatkan data pembelian TBS kelapa sawit tanggal 23 Juni 2022 dari 10 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di daerah ini.

Sedangkan harga sawit di enam dari 10 pabrik minyak kelapa sawit di daerah masih stabil atau sama dengan harga sawit sehari sebelumnya.

Ia mengatakan, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh mayoritas pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini turun mulai tanggal 21-22 Juni 2022 atau selama dua hari berturut-turut.

Ia berharap, setelah ini penjualan CPO dari daerah ini kembali lancar supaya harga TBS sawit milik petani setempat naik.

Sebanyak empat pabrik minyak kelapa sawit yang membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani lebih rendah dibandingkan sebelumnya, yakni PT Karya Sawitindo Mas, PT Mukomuko Indah Lestari, PT Usaha Sawit Mandiri, dan PT Daria Dharma Pratama.

Harga sawit di PT PT Karya Sawitindo Mas turun dari sebesar Rp1.070 per kg menjadi Rp950 per kg, harga sawit di PT Mukomuko Indah Lestari turun dari sebesar Rp1.070 per kg menjadi Rp970 per kg.

Kemudian harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri turun dari sebesar Rp850 per kg menjadi Rp750 per kg, dan PT Daria Dharma Pratama turun dari sebesar Rp1.070 per kg menjadi Rp1.000 per kg.

Lalu harga TBS sawit di PT Bumi Mentari Karya sebesar Rp990 per kilogram, harga sawit di PT Karya Agro Sawitindo sebesar Rp1.050 per kilogram, di PT Gajah Sakti Sawit sebesar Rp1.120 per kilogram, Harga TBS sawit di PT Sapta Sentosa Jaya sebesar Rp770 per kg dan PT Surya Andalan Primatama sebesar Rp1.000 per kg.

ANTARA