Ketua PT PKK : Pemanfaatan Pekarangan Rumah Meningkat Selama Pandemi Covid-19

JAMBORE : ENN/BERITA SAMPIT - Kegiatan lomba kreasi pencegahan stunting yang digelar dalam Jambore Kader PKK Sukamara.

SUKAMARA – Selama pandemi Covid-19 berlangsung Kader PKK di Kabupaten Sukamara terus melakukan berbagai kegiatan meski harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

Ketua TP PKK Kabupaten Sukamara, Siti Zulaiha Windu Subagio mengatakan bahwa pihaknya tetap melakukan pembinaan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa kelurahan.

“Walaupun pandemi kami tetap melaksanakan program kerja walau tidak berkerumun, sehingga program PKK meski dalam masa pendemi tetap bisa berjalan,” kata Siti Zulaiha Windu Subagio, Kamis 23 Juni 2022.

BACA JUGA:   Sekda Sukamara Harap Tercipta Menu Baru untuk Perbaikan Gizi

Siti menjelaskan jika selama pandemi Covid-19 berlangsung lebindaei dua tahun, terjadi peningkatan pemanfaatan pekarangan untuk tanaman hijau hal ini tidak lepas dari peran kader PKK yang terus melakukan sosialisasi terkait dengan pemanfaatan pekarangan rumah.

“Selama pandemi ini, pemanfaatan pekarangan di rumah-rumah warga meningkat dan itu sangat menguntungkan untuk mereka,” jelas Siti Zulaiha.

Keuntungan yang didapat warga yang memanfaatkan pekarangan, menurut Siti Zulaiha adalah adanya peningkatan perekonomian karena warga dapat menjual sebagian hasil pamen dari tanaman yang memanfaatkan pekarangan rumah.

BACA JUGA:   3.500 Lebih Pelaku UMKM Diminta Kreatif Kembangkan Usaha

“Dengan adanya tambahan pendapatan Meraka otomatis perekonomian keluarga juga terbantu dan tidak terganggu dengan adanya pandemi,” terang Siti Zulaiha.

Siti Zulaiha berharap dengan adanya kegiatan Jambore Kader PKK tingkat kabupaten, dapat semakin mempercepat persaudaraan dan silaturahmi antar kader PKK, sehingga peran kader PKK dalam pembangunan di Bumi Gawi Barinjam semakin meningkat.

“Kader PKK saya harapkan terus berperan aktif dalam mensosialisasikan pencegahan stunting serta inovasi Penanggulangan Stunting,” tukas Siti Zulaiha. (enn/beritasampit.co.id).