Malam Apresiasi Kreasi ‘Setapak Perubahan Polri’ Sebagai Refleksi Institusi

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama sejumlah mitra strategis Polri menghadiri acara malam apresiasi kreasi "Setapak Perubahan Polri" dalam rangka menyambut HUT Ke-76 Bhayangkara, di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

JAKARTA – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan malam apresiasi kreasi ‘Setapak Perubahan Polri’ menjadi bahan refleksi bagi organisasi Korps Bhayangkara menjadi institusi yang didambakan serta diharapkan masyarakat.

“Dengan adanya acara malam apresiasi kreasi ‘Setapak Perubahan Polri’, ke depannya dapat dijadikan bahan refleksi bagi organisasi Polri untuk semakin menjadi institusi yang didambakan serta diharapkan oleh masyarakat luas,” kata Dedi kepada wartawan, di Jakarta, Kamis 23 Juni 2022.

Menyambut HUT Ke-76 Bhayangkara 1 Juli, Polri menggelar kegiatan malam apresiasi kreasi ‘Setapak Perubahan Polri’ di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat dipersilakan membuat kreasi dalam platform apa pun, seperti film pendek, TikTok, vlog, blog, infografis, fotografi, dan menulis surat untuk Kapolri yang diikuti peserta didik mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA.

Dalam setiap kreasi yang dikirimkan, masyarakat diperbolehkan memuat konten kritik, saran ataupun aspirasi terhadap Polri.

“Kegiatan tersebut telah memberikan kesempatan dan ruang bagi seluruh masyarakat menuangkan kreasinya. Apa pun isinya dipersilakan, kritik, saran dan aspirasi ini akan dijadikan bahan evaluasi demi wujudkan Polri yang jadi lebih baik lagi,” kata Dedi.

Menurut Dedi, semua kreasi dan aspirasi peserta ditampung dan dinilai oleh dewan juri yang memiliki kapasitas dan kapabilitas di bidangnya masing-masing.

“Sebagaimana instruksi Pak Kapolri, Polri saat ini terus berkomitmen untuk menerima dan menyerap seluruh masukan dari masyarakat. Semua itu dilakukan demi menciptakan Polri yang dicintai dan diharapkan masyarakat,” ujarnya pula.

Dalam setiap kategori lomba dipilih juara 1, 2 hingga 3. Peserta lomba berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Seperti lomba film pendek, juara pertama dimenangkan oleh Candra Bayu dari Riau. Lomba Vlog, juara pertama Sefin Anggi dari Jawa Tengah, lomba TikTok juara pertama Nidia Arestia Sari dari Bengkulu.

Selanjutnya lomba blog, juara pertama Nurul Mutiara dari Jawa Tengah, lomba infografis dijuarai oleh Faisal Yusuf dari Banten. Lomba fotografi kategori umum dimenangkan oleh Erwin Kurniawan dari Jawa Barat. Fotografi kategori jurnalis dimenangkan oleh Denar Theodore dari Kalimantan Tengah.

Adapun lomba menulis surat untuk Kapolri kategori SD dimenangkan Siti Nabila dari SD Negeri 1 Ternate, Maluku Utara. Kategori SMP dimenangkan oleh Carlo Benito Sinurat dari SMP Negeri Pengurupan, Sumatera Utara, dan kategori SMA yakni Karel Dadimo dari SMA Katolik Yan SMIT Papua.

ANTARA