PKK Sukamara Optimalkan Peran Posyandu dalam Pencegahan Penanggulangan Stunting

Ketua TP PKK Sukamara Siti Zulaiha Windu Subagio (Kiri)

SUKAMARA – Ketua TP PKK Sukamara Siti Zulaiha Windu Subagio mengatakan salah satu program upaya kader PKK dan menjadi perhatian pihaknya adalah pencegahan dan penanggulangan stunting.

Karena itu, Siti Zulaiha Windu Subagio mengungkapkan jika saat ini peran kader PKK sangat penting dalam aktivitas di Posyandu.

“Mengoptimalkan posyandu yang ada di Kabupaten Sukamara, karena peran posyandu sangat penting dalam upaya mencegah stunting,” kata Siti Zulaiha Windu Subagio, Kamis 23 Juni 2022.

Siti Zulaiha menerima jika anak usia 0 hingga 6 tahun wajib bertandang ke Posyandu untuk diperiksa kesehatannya dan tumbuhan kembang anak, sehingga anak akan terpantau secara menyeluruh, hal ini merupakan upaya dalam pencegahan stunting.

BACA JUGA:   Kerahkan Bhabinkamtibmas, Kapolres Sukamara Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku

“Ini juga peran kader PKK untuk mensosialisasikan betapa pentingnya ibu membawa anak ke posyandu, disana anak akan diberi asupan vitamin, ditimbang berat badannya dan lain sebagainya, sehingga anak akan terpantau kesehatannya,” terangnya.

“Karena itu kami dari PKK akan mengoptimalkan posyandu, karena penting sekali peran posyandu dalam mendeteksi kesehatan dan permasalahannya anak balita serta ibu hamil dan menyusui,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Gelar Lomba Desain Logo Hari Jadi ke-20

Siti Zulaiha Windu Subagio menjelaskan jika permasalahan stunting di Kabupaten Sukamara menjadi perhatian serius pihaknya dimana stunting merupakan kondisi gagal tumbuh kembang anak balita yang mengakibatkan kekurangan gizi.

“Karena itu kita optimalkan peran kader PKK dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting dan kita juga bekerjasama dengan beberapa instansi seperti dinas kesehatan, dinas pendidikan dan dinas sosial,” tukas Siti Zulaiha Windu Subagio. (enn/beritasampit.co.id).