Menpora Secara Resmi Buka Seri MXGP Indonesia

Menpora Zainudin Amali di Kantor Bupati Sumbawa, Jalan Garuda No.1, Lempeh, Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (24/6/2022) secara resmi membuka seri MXGP Indonesia yang akan bergulir di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), 25-26 Juni 2022. (ANTARA/Muhammad Ramdan)

SUMBAWA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka seri MXGP Indonesia di Kantor Bupati Sumbawa, Jalan Garuda No.1, Lempeh, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat 22 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Amali mengatakan menjadi tuan rumah gelaran internasional yang akan bergulir di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, 25-26 Juni, adalah suatu kehormatan

“Suatu kehormatan NTB bisa menjadi tuan rumah MXGP. Bukan hanya tahun ini, tetapi lima tahun dan ini menjadi kebanggaan. Pemerintah mendorong kegiatan seperti ini setelah pandemi COVID-19,” kata Menpora Amali.

Orang nomor satu di Kemenpora itu juga berharap NTB dapat terus meningkatkan berbagai fasilitas lainnya. Sehingga setiap kegiatan olahraga dapat turut meningkatkan nilai ekonomi untuk masyarakat sekitar.

Pria asal Gorontalo itu juga mengucapkan selamat datang kepada para pebalap dunia dan berharap akan lebih banyak wakil Indonesia yang turun dalam seri Kejuaraan Dunia Motocross tersebut.

“Tahun ini ada empat pebalap kita yang tampil. Saya berharap para pebalap Indonesia akan terus tumbuh sehingga tahun depan makin banyak yang ikut bersaing dan tentu harapan banyak event internasional yang bergulir di Indonesia,” ujar Amali menambahkan.

Dalam gelaran seri MXGP Indonesia, terdapat empat wakil tuan rumah. Farhan Hendra Fahrodjie akan bersaing di kelas utama, sedangkan Ananda Rigi Aditya, Muhammad Delvintor Alfarizi, dan Diva Ismayana berlaga di MX2.

Adapun secara keseluruhan, dari data entry list Infront Moto Racing, MXGP Indonesia diikuti 38 pebalap dengan rincian 21 berlomba di kelas utama MXGP dan 17 bersaing di kelas MX2.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan masyarakat menyambut hangat kedatangan para pebalap dunia setelah sebelumnya juga terselenggara gelaran MotoGP di Mandalika.

“Selamat datang di Sumbawa, kami senang menyambut Anda semua. Sebelumnya kami menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika. Lokasi di sini sangat bagus. Jadi saya berharap para peserta MXGP tahun ini bisa menikmatinya,” ujar Zulkieflimansyah.

ANTARA