Jalin Silaturahmi Polres Dan PWI Katingan Gelar Kejuaraan Catur Se-Kalteng

ANNAS/BERITASAMPIT - Asisten II Setda Katingan, Ahmad Rubama, saat membuka turnamen Catur Cepat, dihalaman Sekretariat PWI Katingan.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, melalui Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama, membuka secara langsung Turnamen Kejuaraan Catur Cepat 25 Menit Terbuka Se-Kalteng, di halaman kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Katingan, Sabtu 25 Juni 2022.

Kegiatan yang digagas oleh Polres Katingan bekerjasama PWI Katingan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-76 tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu 25-26 Juni 2022.

Selain dihadiri Ketua PWI Katingan Aris Munandar, juga dihadiri jajaran Polres Katingan, pengurus Persatuan Catur Indonesia (PERCASI) Provinsi Kalteng dan PERCASI Katingan dan diikuti sebanyak 60 peserta atlet catur se-Kalteng.

Bupati Katingan Sakariyas, melalui Asisten II Setda Katingan, Ahmad Rubama, menyambut baik dan memberikan penghargaan kepada Polres Katingan bekerjasama dengan PWI Katingan mengelar  Kejuaraan Catur Cepat 25 Menit se-Kalteng dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76.

“Dengan adanya kejuaraan ini diharapkan melahirkan atlet-atlet pecatur kita yang handal. Kemudian juga diharapkan dapat melahirkan generasi kita yang bisa berfikir cepat, bertindak tepat, maupun melahirkan kesimpulan-kesimpulan keputusan yang terbaik dalam segala hal,” jelasnya.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Katingan Bakti Sosial Tempat Rumah Ibadah

Rubama menambahkan bahwa sistem catur ini adalah sistem bermain berfikir strategi bagi para generasi atlet  untuk menguasai situasi saat mendapatkan posisi atau ketentuan yang terbaik dalam mengalahkan lawan bermain.

“Bagi olahraga sendiri, mudah-mudahan semuanya ini akan membuat kita lebih semangat lagi untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga dalam rangka pertumbuhan mental, karakter para pemuda maupun masyarakat serta ikut membangun pertumbuhan pembangunan di Kabupaten Katingan,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk kejuaran seperti ini supaya dilaksanakan pada momen-momen yang lainnya. Sehingga dapat dilaksanakan oleh PERCASI bekerjasama dengan sektor manapun dalam rangka menghasilkan Pecatur Katingan bisa tampil di tingkat yang lebih tinggi baik Provinsi maupun Nasional, bahkan diharapkan harapkan ke tingkat Internasional.

Sementara itu, Ketua PWI Katingan Aris Munandar, mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Katingan atas kerjasamanya untuk mensukseskan HUT Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2022 nanti.

BACA JUGA:   Ancam Keselamatan, Polisi Kembali Tindak Tegas Truk Bermuatan Lebih di Katingan

“Kejuaraan catur ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus ajang silahturahmi PWI Katingan bersama Polres Katingan maupun pengurus PERCASI serta para atlet catur dan anggota komunitas catur yang ada di Kabupaten Katingan. Sehingga kegiatan ini nantinya diharapkan adanya sinergitas untuk memajukan olahraga catur dapat dibina.

Manfaat bermain catur sangat luar biasa terhadap kesehatan mental dan ini sudah lama,” jelas Aris Munandar.

Menurutnya, beberapa manfaat bermain catur menurut pakar yaitu dapat meningkatkan IQ, membantu mencegah alzheimer, melatih dua sisi otak, meningkatkan kreativitas dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, juga meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah, meningkatkan kemampuan membaca, meningkatkan konsentrasi, menumbuhkan dendrit neuron, mengasah kemampuan membuka perencanaan.

“Saya ucapkan selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas dan tidak lupa jalin silaturahmi antar peserta maupun seluruh panitia pada kejuaraan catur yang dilaksanakan ini,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)