Pembangunan Ruas Jalan Wilayah Hilir Katingan Terkendala Status Kawasan Dan Danau

ANNAS/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas.

KASONGAN – Pembangunan ruas badan jalan di wilayah bagian hilir Kabupaten Katingan dari dari Kereng Pekahi,  Kecamatan Kamipang menuju wilayah Kecamatan Mendawai akan tembus tahun 2022 ini.

Pembangunan jalan tersebut dilakukan oleh dua Perusahaan Besar Sawit (PBS) yaitu dari Perseroan Terbatas Arjuna Utama Sawit (PT AUS) dan PT Persada Era Agro Kencana (PEAK).

Bupati Katingan Sakariyas, mengatakan saat ini pembangunan ruas jalan dari Desa Tewang Kampung Kecamatan Mendawai menuju Desa Galinggang sudah selesai dikerjakan oleh PBS.

BACA JUGA:   Sempat meluap, Air Sungai di Katingan Mulai Surut

Kemudian, dari Kereng Pekahi menuju Desa Gelinggang masih belum selesai atau masih terkendala di lapangan. Karena saat ini yang sudah berhasil dikerjakan mencapai 7 Kilometer 200, dan yang masih belum sekira 10 Km lebih untuk tersambung ke Desa Galinggang.

“Untuk mempercepat pembangunan badan jalan tersebut, maka Pemerintah Katingan tahun ini sudah menganggarkan dana untuk peningkatan jalan. Harapan saya, tahun ini sudah terbuka. Sekarang inikan punya PT AUS yang belum, kalau PT PEAK selesai,” jelas Bupati Katingan Sakariyas, baru-baru ini.

BACA JUGA:   Endang Susilawatie Apresiasi Komitmen Pemkab Katingan Bantu Organisasi Keagamaan

Diungkapkan Mantan Pimpinan Bank Kalteng ini, Kendala sisa pembukaan badan dari Kereng Pekahi menuju Desa Gelinggangsaat ini belum selesai adalah pertama karena ada sebuah danau. ” Kedua, terkait status kawasan serta ada tiga desa memang  status kawasannya masih bermasalah. Kita berdoa saja, mudah-mudahan pembukaan jalan di wilayah hilir tahun ini seger selesai,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)