Badan Pengawas Ajak Masyarakat Kawal Proses Pelaksanaan Pilkades Desa Kanca

Pilkades : Nain/BERITASAMPIT - salah satu calon kepala Desa Kanca saat melakukan kampanye di lapangan Sepak Bola Desa Kanca, Sabtu 26 Juni 2022.

BIMA – Badan pengawas Pilkades Desa Kanca Kecamatan Parado Kabupaten Bima Propinsi NTB melakukan pengawasan dan imbauan pada masing-masing calon Kepala Desa dan para pendukung serta tengah melakukan pengawalan dan pembenahan terkait dugaan praktik politik uang pada ajang pilkades di wilayah setempat.

Badan pengawas pilkades juga mengingatkan tentang keamanan dan ketertiban selama masa kampanye dan pemungutan suara nantinya. Hal tersebut di sampaikan Ketua Badan Pengawas Pilkades Desa Kanca  Husni S.Pd., disela-sela memantau kegiatan kampanye pada salah satu calon kepala desa yang di gelar di lapangan sepak bola desa Kanca, Minggu 26 Juni 2022

“Andai kata praktek politik uang terjadi di pilkades Desa kanca, maka akan menjadi beban moral ketika pihak pengawas membiarkan masyarakat terlibat politik uang di Pilkades ” katanya

Menurutnya, Badan Pengawas Pilkadsa dan semua elemen masyarakat Desa Kanca mempunyai kepentingan untuk melakukan pencegahan, sehingga melalui Pilkades tersebut berharap agar masyarakat dan para calon kades agar tidak terlibat dalam lingkaran politik uang.

“Tentunya isu itu tetap ada, akan tetapi bagaimana kita memenej isu itu menjadi isu yang positif, isu yang membangun, bukan isu yang memecah belah masyarakat Kanca, jangan sampai ada konflik sosial antara kedua kubu ini, karena Kanca ini satu rumpun,” tuturnya.

BACA JUGA:   Ketua Panitia Liga ASKAB Bima Zona Selatan Ajak Masyarakat Jaga Keamanan

Husni mengajak, agar masing-masing pendukung  kedua calon, baik nomor urut 1 maupun nomor urut 2 agar sama – sama mengawal proses pelaksanaan pilkades ini, bagaimana proses pilkades ini menjadi proses pilkades yang damai, tidak ada hambatan dan gangguan kantibmas,

“Mari sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga Desa Kanca kedepannya menjadi Desa yang maju ” harap pria yang juga menjabat ketua BPD Desa Kanca tersebut.

Dalam demokrasi, lanjutnya, tentu ada riak-riak, namun bagaimana bisa meminalisir riak-riak itu jangan sampai menjadi gelombang yang akan menghambat proses pilkades  Kanca

“Tentunya kami terus menghimbau pada semua unsur masyarakat, mulai dari tokoh pemuda, hingga tokoh masyarakat, baik  kedua calon Kepala Desa  agar sama menjaga ketertiban, baik panitia pelaksana pilkades maupun badan pengawas pilkades tetap pro aktif dalam mengawas proses pilkades ini berlangsung hingga tanggal 6 juli nanti, bagaimana kita menjaga demokrasi ini tanpa ada gangguan kantibmas, meskipun ada pengaruh dari pihak luar, kita akan memenejnya ” ungkapnya

BACA JUGA:   Kades Lere Beberkan Target Seratus Hari Kerja

Ditampat yang sama, Wakil Ketua Pegawas Pilkades Desa Kanca, Abdurrahman mengatakan, selama masa kampanye pihanya tetap melakukan pengawalan, sehingg dalam pelaksanaan pilkades tahun ini suasanya aman, tertib dan terkendali.

“Alhamdulillah hingga saat ini keadaan Desa Kanca masin aman dan kondusif. Mudah-mudahan keadaan seperti ini kita dan masyarakat bisa mempertahankannya,” ucapnya.

Dengan adanya isu-isu terkait politik uang, ia mengungkapkan, hal tersebut merupakan hal biasa dalam irama politik, oleh karna peran aktif dari semua elemen masyarakat agar dapat mengatasinya sehingga tidak menimbulkan masalah.

“Pengawas tetap mengakomodir semua permasalahan, terbukti dengan hingga saat ini keadaannya masih tetap aman, sejauh ini masing-masing calon belum ditemukan pelanggaran sehingga suasananya masih terkendali,” ucapnya. (Nain/beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)