Desa Sei Sekonyer Sebagai Penyangga TNTP Masuk Nominasi Peraih ADWI 2022

Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo, bersama rombongan dinas terkait saat berkunjung ke Desa Sei Sekonyer, untuk memantapkan persiapan Tim Juri ADWI 2022.

Oleh : Maman Wiharja (Wartawan beritasampit.co.id).

Bagian Ke : 02 (Selesai)

MENGENAL program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang digagas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pada 30 April 2021. Tujuan ADWI sendiri antara lain, adalah untuk membawa nama 75.000 desa, yang didalamnya ada 1.200 Desa memiliki potensi luar biasa sebagai desa berkategori wisata, sehingga mampu bersaung dan berkelas dunia.

Tujuan lainnya, agar mampu meningkatkan pembangunan di sektor pariwisata serta ekonomi kreatif. Sehingga Menparekraf sudah optimis untuk menjadikannya “lokomotif” terhadap bangkitnya sektor wisata Nusantara. Karena Desa wisata memiliki pengaruh besar terhadap penguatan ekonomi nasional.

Dan juga tujuan lainnya adalah untuk mewujudkan “Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat sekitar obyek wisata.

Pengamatan penulis, Desa Sei Sekonyer Kecamatan Kumai sejak lama sudah menjadi ‘Ikon’ Desa Wisata baik Tingkat Kabupaten Kobar maupun Provinsi Kalteng, bahkan ke Tingkat Nasional .

Karena Desa Sei Sekonyer juga tergolong sebagai penyangga Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), yang memiliki daya Tarik tersendiri, seperti telah tersedianya pasanggrahan yang dilengkap sejumlah Bungalau Mini ( homestay ), kumplit dengan tempat nginap dan Tioletnya, juga tersedia Souvenir, seingga mampu memanjakan para pengunjung yang berkunjung ke TNTP.

Dengan masuknya Desa Sei Sekonyer, kenominasi 50 besar peraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), pengamatan penulis tentu saja menjadi salah satu pengalaman baru ‘terbaik’ untuk Penjabat (Pj) Bupati Kobar Anang Dirjo. Dan tentunya pula, bagi Dinas Pariwisata Kabupaten Kobar prestasinya semakin bertambah.

Berkaitan dengan hal tersebut, tentu saja menjadi tanggung jawab Pj.Bupati Kobar Anang Dirjo, maka pada Rabu, 22 Juni 2022 Anang Dirjok mengajak sejumlah Dinas terkait untuk berkunjung ke Desa Sei Sekonyer sekaligus melihat dari dekat apa saja sarana dan prasarana yang perlu ditingkatkan dalam rangka persiapan kunjungan Tim Kreatif Juri ADWI 2022, juga Menperkraf Sandiaga Uno, rencana akan berkunjung ke Desa Sei Sekonyer dan TNTP.

Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo, bersama rombongan dinas terkait saat berkunjung ke Desa Sei Sekonyer, untuk memantapkan persiapan Tim Juri ADWI 2022.

Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo, usai kunjungan ke Desa Sei Sekonyer mengatakan, Desa Sei Sekonyer yang sudah masuk nominasi peraih ADWI, bisa berhasil sukses mendapat ADWI 2022.

“Tidak hanya menarik minat wisatawan, tapi juga Desa Sei Sekonyer bisa memotivasi desa-desa lain di Kobar. Serta turut membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha baru bagi pelaku ekonomi kreatif di desa,” kata Penjabat Bupati. Iti harapan saya,” kata Anang Dirjo.

Untuk itu, Anang Dirjo mengharapkan dukungan dari seluruh stakeholder khususnya yang bergerak di bidang kepariwisataan di kobar. Dan juga dukungan seluruh pihak sangat diperlukan, ini adalah momen yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kunjungan wisata demi mendongkrak perekonomian masyarakat desa. SEMOGA.