Jamaah Calon Haji Kloter 1 dan 3 Embarkasi Banjarmasin di Mekkah Dalam Kondisi Sehat

Para JCH Embarkasi Banjarmasin saat berada di Mekkah Arab Saudi, Sabtu. (Antara/HO)

BANJARMASIN – Jamaah calon haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) 1 dan 3 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dikabarkan dalam kondisi kesehatan terkontrol saat berada di Mekkah, Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan dr Fahriza Effendi, petugas kesehatan haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin saat mengabarkan lewat video di Mekkah, Arab Saudi, yang dibagikan Kemenag Kalsel Minggu 26 Juni 2022, bahwa kesehatan JCH Kloter 1 di sana terkontrol dengan baik.

Meskipun, kata dia, beberapa JCH di Kloternya memiliki penyakit bawaan, namun tidak ada yang menunjukkan sakit parah saat menjalani proses ibadah haji hingga ke Mekkah ini.

“Jadi tidak ada JCH kita yang sakit gawat harus dibawa ke tempat kesehatan haji,” tuturnya.

Melihat kondisi JCH dengan kondisi masih baik dan sehat, tidak mengalami sakit yang mengkhawatirkan, kata dr Fahriza, maka tidak ada yang didaftarkan atau diusulkan untuk syafari haji wukuf ke Arafah nantinya.

Safari Wukuf merupakan kegiatan yang termasuk dalam wukuf dan diperuntukkan bagi jamaah haji yang uzur. Yakni, membawa jamaah haji yang dirawat di rumah sakit Indonesia ke wukuf dengan menggunakan ambulans.

dr Fahriza menyampaikan cuaca di Arab Saudi atau di Tanah Suci Mekkah Al-Mukarramah sangat panas karena sampai di atas 50 derajat Celcius.

“Sangat panas, jangan sampai tidak pakai payung saat siang hari di luar, kita juga minta JCH jangan sampai tidak pakai alas kaki, minum air putih yang banyak,” ujarnya.

Dia pun berharap JCH Kloter 1 yang berasal dari Kabupaten Balangan, Tabalong dan Banjar, serta Kloter lainnya dalam kondisi baik hingga puncak haji dan pulang ke Tanah Air sehat wal afiat dan mendapat haji yang mabrur.

Sementara itu, petugas haji dari Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin Zainal Muttaqin menyampaikan sejak dari Madinah hingga ke Arab Saudi ini jumlah JCH sebanyak 358 orang.

Menurut dia, semua JCH Kloter 3 dalam kondisi sehat, meskipun ada sebagian yang harus menggunakan kursi dorong.

Semua JCH juga sudah menempati penginapan, di mana JCH yang harus menggunakan kursi dorong sudah diposisikan dengan baik hingga terlayani untuk beribadah.

Seperti dilaporkan Kanwil Kemenag kalsel sebelumnya, dari 7 Kloter Embarkasi Banjarmasin Kalsel untuk haji 2022 ini, 5 Kloter di antaranya sudah berada di Mekkah, yakni, Kloter 1, 2, 3, 6 dan 7.

Sementara Kloter 4 dan 5 masih di Madinah, sementara Kloter 6 dan 7 langsung penerbangan dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor ke Jeddah untuk ke Mekkah karena masuk gelombang ke-2 keberangkatan jamaah calon haji Indonesia.

ANTARA