Mahasiswa Kaum Intelektual Bernalar Kritis Pembawa Perubahan

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng Sri Suwanto.

PALANGKA RAYA – Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sri Suwanto menghadiri acara Fantastic Islamic Concert (FIC) Tahun 2022 yang diselenggarakan Mahad Al-Jamiah IAIN Palangka Raya. Acara berlangsung di Taman Budaya Palangka Raya, Sabtu 25 Juni 2022 malam.

Adapun tema yang diusung ialah “Mewujudkan Mahasantri yang Berjiwa Optimis, Berkualitas Unggul dan Bertekad Pantang Menyerah sebagai Insan Kamil yang Berlandaskan Qurani”.

Sri Suwanto menyampaikan, FIC ini sudah ada sejak tahun 2012. Kegiatan ini merupakan tradisi malam perpisahan bagi mahasantri yang akan menjadi alumni sebagai wujud malam kreasi dan persaudaraan.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalteng sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap FIC mampu menjadi wadah bagi para mahasantri yang akan menjadi alumni untuk semakin memperkuat tali persaudaraan antar sesama mahasiswa dan civitas akademika di lingkungan IAIN Palangka Raya,” katanya.

BACA JUGA:   RS Doris Sylvanus Tetap Pertahankan Tiga Zona Layanan COVID-19

Menurut Dia, berada pada zaman modern yang penuh dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat menjadi salah satu potret kemajuan peradaban yang lebih baik. Sebagai mahasiswa tentunya tidak boleh berada di zona nyaman karena kemajuan teknologi saat ini, mahasiswa dilahirkan untuk membawa perubahan yang bisa menjadikan diri sebagai kaum intelektual yang bisa memiliki nalar kritis sebagai pondasi dan ciri khas mahasiswa.

Tugas mahasiswa bukan hanya sekedar belajar di kelas, tetapi mahasiswa harus selalu berkembang untuk menghidupkan nalar kritisnya, sehingga harus mampu memposisikan diri sebagai mahasiswa yang haus akan pengetahuan, agar nantinya bisa menjadi penerus peradaban yang memiliki pemikiran kompleks untuk memberikan solusi terhadap persoalan kebangsaan, berdasarkan keimanan dan ketaqwaan.

BACA JUGA:   Penetapan Harga TBS Sawit di Bumi Tambun Bungai Diapresiasi Ketua Himtani Kalteng

“Sebagai insan terpelajar sekaligus elemen masyarakat, mahasiswa mempunyai peran yang kompleks, hingga digadang-gadang dapat menjadi Kaum Intelektual yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan perannya sebagai Penggerak Sosial terlebih dimasa Pandemi Covid-19 seperti saat ini,” pungkasnya.

Sri Suwanto menambahkan, pentingnya peran mahasiswa dalam membawa perubahan bangsa. Ide dan gagasan intelektual mahasiswa dapat mengubah paradigma perkembangan dalam kelompok serta menyesuaikannya sehingga terarah dan sesuai dengan kepentingan bersama.

“Dalam hal ini tentunya pemerintah tidak bisa melakukannya sendirian. Untuk mendukung pemerintah dalam melaksanakan pembangunan tersebut, dibutuhkan peran dan partisipasi dari masyarakat. Salah satu komponen masyarakat tersebut adalah mahasiswa,” tandasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).