110 Keluarga di Kabupaten Seruyan Dapat Sambung Listrik Gratis dari PLN

Warga memeriksa meter KWH listrik yang baru dipasang gratis oleh PLN di Kabupaten Seruyan. (ANTARA/HO-PLN UIW Kalselteng)

PALANGKA RAYA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memasang sambungan listrik baru secara gratis dengan daya 450 VA kepada 110 keluarga tidak mampu di Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Sambungan listrik gratis ini diberikan untuk warga di empat desa yakni di Desa Persil Raya, Desa Kartika Bhakti, Desa Bangun Harja dan Desa Halimaung Jaya,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) Tonny Bellamy melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Senin 27 Juni 2022.

Ia menyampaikan bantuan pemasangan listrik gratis ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap masyarakat kurang mampu terutama di daerah Terdepan, Tertinggal dan Terluar (3T) untuk mewujudkan energi berkeadilan hingga pelosok nusantara.

Apalagi, wilayah Kecamatan Seruyan Hilir dapat diakses dengan jarak kurang lebih 40 kilometer dari jalan lintas kota Kabupaten Seruyan.

Menurut dia, kondisi geografis daerah yang sulit diakses, menjadi salah satu tantangan mewujudkan rasio elektrifikasi 100 persen adalah keterbatasan masyarakat kurang mampu untuk melakukan penyambungan listrik.

“Untuk itu, program sambung listrik gratis ini dilaksanakan melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) tahun 2022,” kata Tonny.

Tanggung jawab PLN dalam menghadirkan listrik adalah hingga membangun jaringan-jaringan listrik ke sekitar rumah pelanggan. Sedangkan, untuk instalasi dalam rumah dan biaya penyambungan listrik menjadi tanggung jawab pelanggan. Tetapi dalam bantuan ini biaya tersebut ditanggung oleh PLN.

Listrik sudah menjadi bagian dari kebutuhan dasar masyarakat, tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melakukan pemasangan baru listrik terutama untuk daerah 3T.

“Dengan adanya pemasangan jaringan listrik kami berharap taraf kehidupan masyarakat khususnya yang menyangkut ekonomi dapat semakin meningkat,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Kartika Bhakti Amrul Mukminin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas upaya PLN menghadirkan listrik di desanya, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat.

Ia memastikan kehadiran listrik tidak hanya membantu dalam dunia pendidikan dan membantu anak-anak dalam belajar, namun juga akan membantu pengembangan ekonomi masyarakat.

“Kami sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan listrik gratis untuk warga kami,” kata Amrul.

ANTARA