Dewan Apresiasi Layanan Si-Gatur Dishub Palangka Raya

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo 

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Sigit Widodo menyampaikan rasa apresiasinya kepada Dinas Perhubungan (Dishub) setempat dalam melaksanakan dengan baik program layanan Sistem Penjagaan dan Pengaturan Lalu Lintas Gratis atau Si-GaTuR di wilayah Kota Cantik Palangka Raya.

“Kami sangat mengapresiasi penerapan layanan Si-GaTuR ini. Seperti pada saat pernikahan keluarga kami, terlihat petugas Dishub sudah mengatur lalu lintas dengan baik. Terima kasih Wali Kota dan Kadishub yang telah mengimplementasi secara nyata pelayanan publik ini,” terang Sigit Widodo, Minggu 26 Juni 2022.

Lebih lanjut dikatakan Sigit, layanan Si-GaTuR ini diketahui diberikan petugas Dishub berupa penjagaan dan pengaturan lalu lintas rutin. Seperti pada jalan protokol atau jalan Induk dan persimpangan.

Selain itu lanjutnya, layanan Si-GaTuR ini juga diberikan pula pada pengaturan lalu lintas dan pengawalan setiap kegiatan masyarakat yang diberikan secara gratis.

BACA JUGA:   ASN di Pemkot Palangka Raya Diminta Produktif dan Kompetitif Menciptakan Inovasi Saat Bekerja

“Tentu layanan seperti ini sangat membantu masyarakat. Tidak hanya dalam tertib berlalu lintas, disisi lain membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan yang memerlukan dukungan pengaturan lalu lintas,” tuturnya.

Untuk diketahui, Dishub Kota Palangka Raya mempunyai program inovasi yang dinamakan Sistem Layanan Citra Perhubungan (si-LaNciP). Program si-LaNciP meliputi beberapa jenis layanan program inovasi pelayanan yang ada di sektor perhubungan.

Layanan tersebut terdiri atas Sistem Bukti Uji Elektronik KIR (Si- BUE) yang merupakan aplikasi SIM PKB, Integritas Sistem, Penggunaan Smart Card yang lebih praktis, efisien dan aman.

Kemudian, Sistem Penjagaan dan Pengaturan Lalu Lintas GRATIS (Si-GaTuR), layanan penjagaan dan pengaturan (Gatur) lalu lintas rutin pada jalan induk dan persimpangan jalan serta pengaturan lalu lintas dan pengawalan kegiatan masyarakat gratis.

Selanjutnya, Penataan Parkir (Si-TaKiR), layanan penataan, pengawasan, dan pengendalian parkir untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) pada bidang retribusi parkir. Pengawasan Pelabuhan (Si-WasPe) merupakan layanan untuk memastikan keselamatan pelayaran sungai dan danau.

BACA JUGA:   TAPD Kota Palangka Raya Diminta Anggarkan Tim Pencari Investor, Ini Tujuannya

Pelayanan Bus Rapid Transit/BRT GRATIS (Trans-CanTiK) merupakan pelayanan Bus Rapid Transit (BRT) gratis untuk melayani masyarakat dalam trayek yang sudah tersedia dalam membantu masyarakat serta mengurus PBB, dokumen kependudukan dan layanan lainnya.

e-Angkutan dalam Trayek (IstiaDaT) yang merupakan layanan e-form informasi yang meliputi ijin usaha angkutan, rekomendasi ijin trayek, kartu pengawasan, izin insidentil, informasi rute angkutan kota, dan informasi angkutan bandara, Kemudian layanan Unit Reaksi Cepat (Si-AcEP) yang merupakan layanan pengawasan dan pengendalian fasilitas keselamatan jalan seperti traffic light, rambu lalu lintas

(M.Slh/beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)