Jelang Idul Adha, 757 Ternak Sapi dan Kambing di Kotim Bebas PMK

BEBAS PMK : IST/BERITA SAMPIT - Ternak sapi milik Masrani di Desa Bapeang, Kecamatan MB Ketapang, Kotim, Kalteng, dinyatakan bebas PMK dan siap jual untuk keperluan hari raya idul adha.

SAMPIT – Menjelang perayaan hari raya idul adha 1443 Hijriah, kebutuhan akan daging hewan kurban biasanya meningkat. Untuk itu, peternak sapi dan kambing khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, telah menyediakan sebanyak 757 ekor.

“Berdasarkan hasil pendataan tim di lapangan, ada 757 ekor sapi dan kambing, hewan ternak itu dipersiapkan untuk kebutuhan perayaan idul adha yang jatuh pada tanggal 9 Juli mendatang,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kotim melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan drh Endrayatno kepada wartawan media siber beritasampit.co.id, Senin 27 Juni 2022.

Hewan ternak itu tersebar di beberapa kecamatan yakni, Mentaya Hilir Selatan (Samuda), Mentaya Hilir Utara (Bagendang), Mentawa Baru Ketapang, Baamang, Cempaga Hulu dan Telawang.

BACA JUGA:   Polisi Tangkap Pemilik 1 Ons Sabu di Kotim

“Jumlah hewan ternak siap untuk keperluan hari raya idul adha paling banyak ada di Baamang, Bagendang dan Desa Bapeang,” kata Endrayatno.

757 hewan ternak sapi dan kambing yang tersedia itu, menurutnya, sudah dinyatakan bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), walaupun hewan ternak tersebut paling banyak didatangkan dari luar Kotim.

Dia menyebutkan, ketersediaan hewan ternak yang didatangkan dari luar Kotim itu ada yang berasal dari Jawa, Sulawesi, Pelaihari, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Kotawaringin Barat.

“Memang tidak semua ternak sapi dan kambing didatangkan dari luar Kotim, ada juga lokalan atau peliharaan (stok lama) seperti sapi madura,” tegas Endrayanto.

BACA JUGA:   Jangan Sampai Ada Pelayanan Kesehatan Kosong

Sementara itu, Masrani, peternak sapi di Desa Bapeang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang mengaku bahwa dia telah memesan ternak sapi dari Sulawesi sebanyak 90 ekor ditambah 10 ekor stok lama.

“Iya, yang akan datang ini ada 90 ekor sapi, ada juga 10 ekor sapi peliharaan, totalnya ada 100 ekor sapi yang kami siapkan untuk keperluaan kaum muslimin yang ingin berkurban,” ujar Masrani. (ifin/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)