Kesbangpol Salah Satu Garda Terdepan Wujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Hardi/BERITA SAMPIT - Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuwas Elko

PALANGKA RAYA – Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuwas Elko membuka secara langsung, kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Se-Kalimantan Tengah Tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Kesbangpol Provinsi Kalteng, Senin 27 Juni 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Elko menyampaikan, dengan adanya kegiatan Rapat Koordinasi ini, tentunya diharapkan akan dapat lebih mendorong peningkatan peran dan fungsi kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa di bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila, Tanah Berkah Provinsi Kalimantan Tengah.

Perkuat Sinergitas Lembaga dalam Menyongsong Demi Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menuju Kalteng Semakin Berkah, rapat koordinasi ini berfokus pada sinergi program kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah, dalam upaya penguatan profesionalitas tugas dan fungsi menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

BACA JUGA:   Road to Pocari Sweat Run 2024, Perkenalkan Pesatnya Pembangunan Kalteng

“Persoalan-persoalan yang muncul akhir-akhir ini, seperti ujaran kebencian, berita hoax, dan isu-isu SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Berbagai gejala ini sangat meresahkan dan merusak tatanan budaya demokrasi yang selama ini telah berkembang baik di Indonesia,” ucapnya.

Dirinya mengharapkan dan mengimbau, agar peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mampu mencegah dan mendeteksi secara dini terhadap gejala yang berpotensi menimbulkan ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan di sektor ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan (ipoleksosbudhankam). Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, hendaknya mampu menjadi salah satu Garda terdepan, mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa serta kondusivitas daerah dalam momen pesta demokrasi itu.

“Selanjutnya, saya mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat menyaring dan mendeteksi secara dini semua informasi yang berkembang, serta bertindak profesional dan selektif dalam menyelesaikan semua persoalan yang muncul di masyarakat, yang menjadi bagian dari tugas pokok dan fungsi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Mari bersama-sama membangun negeri yang kita cintai ini, dengan berbagai inovasi, kreativitas, dan kinerja baik. Kita harus punya komitmen bersama untuk memerangi upaya-upaya yang mengarah disintegrasi bangsa, dan menjadikan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi Bangsa, yang merupakan arah tujuan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Pemkesra Buka Pasar Murah di Kabupaten Gunung Mas

Dirinya berharap, rapat koordinasi ini dapat semakin memperkuat sinergisitas antar lembaga, melalui koordinasi dan sinkronisasi yang baik dari semua pihak, untuk menciptakan dan merajut kesejukan, kerukunan, dan ketertiban dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mewujudkan Kalimantan Tengah Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis). (Hardi/beritasampit.co.id)