1.072 Peserta Ikuti Festival Menumpi Jawau

Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Ketua TP PKK Sri Hidayati menyalakan secara resmi kayu bakar di dalam tungku untuk pembuatan tumpi jawau yang disaksikan oleh perwakilan dari MURI di kawasan WFC Muara Teweh, Selasa (28/6/2022).ANTARA/HO-Prokopim Barut

MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah membuka Festival Menumpi Jawau yang merupakan ajang untuk melestarikan salah satu makanan kuliner khas dari daerah setempat yang berbahan baku singkong diikuti sebanyak 1.072 peserta dari berbagai kalangan masyarakat di kawasan water front city Muara Teweh untuk memecahkan rekor MURI.

“Kita mengharapkan agar nantinya menumpi atau tumpi jawau (singkong) dapat diolah dengan berbagai variasi, sehingga menambah khazanah masakan kuliner Barito Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya.Semoga festival yang kita adakan ini dapat dicatat sebagai rekor MURI” kata Nadalsyah di Muara Teweh, Selasa 28 Juni 2022.

Kegiatan yang disaksikan ribuan warga itu juga dihadiri Ketua TP PKK Sri Hidayati Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Muhlis, kepala perangkat daerah, perwakilan FKPD, pejabat dari MURI dan masyarakat lainnya.

BACA JUGA:   Barito Utara Pecahkan Rekor Membuat Tumpi Jawau Terbanyak

Bupati juga meminta kepada masyarakat agar dapat menjadikan tumpi jawau sebagai jajanan yang mampu menciptakan peluang bisnis atau ekonomi. “Dengan dimaksimalkan potensi tumpi jawau nantinya dapat dijadikan salah satu jajanan atau kue yang dijual sebagai penambah hasil ekonomi masyarakat,” katanya.

Usai membuka festival, Bupati didampingi Ketua TP PKK menyalakan secara resmi kayu bakar di dalam tungku untuk pembuatan tumpi jawau yang disaksikan oleh perwakilan dari MURI.

“Selain memakai tungku dan kayu bakar dalam pelaksanaan festival ini, kami juga menggunakan kompor dengan bahan bakar gas elpiji,” kata Nadalsyah.

BACA JUGA:   Kepramukaan Bagian Pendidikan Karakter

Festival tumpi jawau ini merupakan salah satu kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-72 Kabupaten Barito Utara yang puncaknya diperingati pada 29 Juni 2022 di arena terbuka Tiara Batara dan pada malam harinya digelar malam hiburan rakyat.

Selanjutnya, Bupati Nadalsyah didampingi Wakil Bupati dan Sekda melakukan kegiatan restocking ikan di Sungai Barito di Pelabuhan Dermaga Muara Teweh, di mana dilepaskan 72.000 ikan dari berbagai jenis.

Sebanyak “72 ribu ikan yang kita lepaskan, semoga nantinya akan dapat berkembang biak dengan baik,” kata Nadalsyah.

ANTARA

(Visited 1 times, 1 visits today)