BNNP Tingkatkan Ketahanan Keluarga guna Tekan Penyalahgunaan Narkotika

Kepala BNNP Kalteng Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto (kiri) memberikan penghargaan P4GN kepada Sekda Kalteng Nuryakin usai puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022 di Palangka Raya, Senin, (27/6/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Tengah berupaya meningkatkan ketahanan keluarga guna menekan penyalahgunaan dan peredaran narkotika.

“Dimulai dari peningkatan ketahanan keluarga, dengan melaksanakan edukasi, komunikasi, serta sosialisasi kepada lingkungan keluarga, dilanjutkan ke lingkungan sekolah, pekerja, serta berbagai komunitas,” kata Kepala BNNP Kalteng Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto di Palangka Raya, Selasa 28 Juni 2022.

Dia menegaskan ketahanan keluarga yang baik membentuk ketahanan lingkungan, masyarakat, lembaga, dan daerah dari penyalahgunaan dan peredaran narkotika.

Upaya lainnya untuk menekan penyalahgunaan maupun peredaran narkotika melalui intervensi berbasis masyarakat yang melibatkan para tokoh, seperti pemuka masyarakat, agama, dan adat.

BACA JUGA:   Jalan ke Lokasi Tambang PT TGM Diduga Sengaja Dirusak

“Mereka diberikan pelatihan supaya mampu memberikan konseling awal di lingkungan masing-masing. Dapat diberikannya konseling awal, dinilai efektif untuk meredam penyalahgunaan narkotika di sekitarnya,” tuturnya.

Sumirat memaparkan berdasarkan hasil penelitian BNN bekerja sama dengan BRIN dan BPS, di Kalteng ada sekitar 6-10 ribu pecandu, yakni pada penelitian 2019 dan kemudian pada 2021 terjadi peningkatan sekitar 0,15 persen.

Untuk itu, BNNP bersama instansi terkait lainnya didukung masyarakat terus berupaya memberantas peredaran narkotika, yakni dengan memberikan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku kepada yang terlibat serta rehabilitasi bagi para pecandu.

BACA JUGA:   Kalteng Sampaikan Usulan Penambahan Frekuensi Penerbangan di Bandara Tjilik Riwut

Pihaknya juga turut melibatkan generasi muda dalam menyukseskan P4GN, yakni pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika dengan memanfaatkan berbagai media sosial untuk mengedukasi masyarakat.

“Kami juga mengapresiasi berbagai pihak dengan memberikan penghargaan kepada mereka yang aktif berjuang dan meluangkan waktu bersama-sama menekan penyalahgunaan dan menekan peredaran gelap narkotika, baik di bidang penegakan hukum, rehabilitasi serta pencegahan,” ujarnya.

ANTARA

(Visited 1 times, 1 visits today)