Bupati Lamandau Serahkan Bantuan Bibit Manggis dan Sarana Produksi Padi Sawah di Desa Bina Bhakti

IST/BERITA SAMPIT : Bupati Hendra Lesmana menyerahkan bibit kepada kelompok tani bina bhakti.

NANGA BULIK – Bupati Lamandau Hendra Lesmana menyerahkan bantuan bibit tanaman buah manggis dan sarana produksi padi di Desa Bina Bhakti Kecamatan Sematu Jaya, untuk meningkatkan produksi sawah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bantuan pemerintah yang disalurkan sampai kepada petani penerima manfaat sesuai usulan desa dan CPCL (Calon Penerima, Calon Lokasi) dan dapat meningkatkan produksi padi sawah dan buah-buah di Kabupaten Lamandau.

Desa Bina Bhakti merupakan satu satunya desa yang memilih untuk pengembangan tanaman manggis, yang mana hal tersebut selaras dengan Program kampung buah oleh pemerintah daerah serta luas area sawah yang mendapat fasilitasi bantuan seluas 169 hektare dan total benih sawah sebanyak 4.225 kilogram, dan khusus untuk kecamatan Sematu Jaya diserahkan bantuan seluas 25 hektare dengan benih sebanyak 625 kilogram.

BACA JUGA:   Pemadaman Listrik Banyak Dikeluhkan Warga Bulik

Dengan pertambahan penduduk sekitar 3,65% setiap tahunnya, Bupati menyampaikan jika pemerintah daerah berupaya untuk menjaga ketersediaan pangan agar selalu tercukupi, maka untuk itu dinilai penting untuk memiliki sumber pangan/makanan di tanah wilayah sendiri.

“Saya mengapresiasi luar biasa kepada Desa Bina Bhakti yang memiliki ide dalam memberdayakan pekarangan warganya dengan di tanam tanaman yang produktif salah satunya buah manggis ini,” ucap Bupati. Selasa 28 Juni 2022

Bupati juga menambahkan bahwa meskipun tanaman sawit menjadi salah satu sumber pendapatan utama, namun potensi pekarangan dan lahan basah juga dapat menambah penghasilan bagi warga desa di luar pekerjaan utama yang telah dilakukan.

Sebanyak 800 batang bibit manggis diserahkan kepada kelompok tani makmur jaya dan diserahkan juga bibit padi hibrida sawah sebanyak 75 kilogram benih kepada Kelompok Tani Ngudi Makmur Desa Purwareja, kepada Kelompok Tani Sido Makmur Desa Bhina Bhakti sebanyak 25 kilogram, Kelompok Tani Sido Sukses Desa Bina Bhakti sebanyak 25 kilogram, Kelompok Tani Jaya Desa Wonorejo sebanyak 175 kilogram, Kelompok Tani Ngudi Mulya Desa Tri Tunggal sebanyak 100 kilogram, Kelompok Tani Sido Mulyo sebanyak 200 kilogram, dan Kelompok Tani Agong Desa Mekar Mulya sebanyak 25 kilogram.

BACA JUGA:   Kapolres Lamandau Hadiri Pencanangan Kampung Pancasila Desa Wonorejo

Penyerahan bibit buah tersebut ditandai dengan penanaman bibit muah manggis bersama Bupati Lamandau.

Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Lamandau, Kades Bina Bhakti, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lamandau, Kelompok Tani dan Masyarakat Kecamatan Sematu Jaya. (Andre/beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)