Pemprov Kalteng Dorong Perubahan Pola Pikir Entrepreneurship Koperasi

IST/BERITA SAMPIT - Suasana Bimtek Peningkatan Kapabilitas Pengelola Koperasi Modern Bagi Pengurus Koperasi Kabupaten/Kota se-Kalteng

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapabilitas Pengelola Koperasi Modern Bagi Pengurus Koperasi Kabupaten/Kota se-Kalteng, di Hotel Aquarius, Selasa 28 Juni 2022.

Staf Ahli Gubernur Kalteng bidang Kemasyarakatan dan SDM Suhaemi saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa era teknologi atau era Revolusi Industri 4.0, yang memanfaatkan akses teknologi, diantaranya melalui reformasi Koperasi yang meliputi reorientasi, rehabilitasi dan pengembangan koperasi menuju era digital tentunya adalah hal yang harus dilakukan.

“Selain itu Pemerintah menerapkan upaya strategis pengembangan Koperasi, yaitu dengan melakukan transformasi kelembagaan dan usaha Koperasi dan dukungan regulasi melalui UU No. 11 Tahun 2020 dan PP No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” ucapnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo : Sapi Kurban Yang Dinyatakan Sehat Akan Diberi Label

Selain itu juga, dirinya mendorong perubahan pola pikir entrepreneurship Koperasi, khususnya Koperasi Simpan Pinjam. Dukungan inovasi pada Koperasi yang salah satunya melalui pemanfaatan digitalisasi, serta pembangunan eksosistem usaha yang aman dan kondusif.

“Bimbingan Teknis ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas sumber daya manusia menuju Koperasi modern, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis dalam pengelolaan Koperasi, serta memberikan pemahaman tentang kewirausahaan dan strategi transformasi menuju Koperasi modern berbasis digital,” harapnya.

BACA JUGA:   Penyelenggaraan Turnamen Catur Menunjukkan Bangkitnya Event Olahraga di Kalteng

Selain itu dirinya menambahkan Koperasi harus berbenah diri dalam berbagai aspek, agar tidak tertinggal dan perlu melakukan transformasi dan inovasi, sehingga dapat menarik generasi milenial untuk ikut serta berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi, melalui digitalisasi koperasi di daerah menuju koperasi modern.

Hal ini pada akhirnya diharapkan mampu menjadi daya ungkit untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah khususnya dan mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional umumnya. (Hardi/beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)