Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan April-Juni 2022 DPT Bertambah 5.588 Jiwa

ILHAM/BERITA SAMPIT - Ketua KPU Kotim Siti Fathonah bersama jajaran Komisioner KPU lainnya, saat menggelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2022, dengan dihadiri perwakilan Institusi maupun parpol peserta pemilu, bertempat di Aula Kantor KPU Kotim, Rabu 29 Juni 2022.

SAMPIT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur, menggelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2022, bertempat di Aula Kantor KPU Kotim, Rabu 29 Juni 2022.

Berdasarkan hasil rekapitulasi pemilih berkelanjutan dari Bulan April sampai Juni 2022, jumlah DPT mengalami penambahan sebanyak 5.588, dari DPT pemilihan serentak tahun 2020 lalu.

“Jika pada tahun 2020 lalu jumlah DPT mencapai 265.270, setelah dilakukan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan menjadi 270.858. Bertambah sekitar 5000 lebih,” kata Ketua KPU Kotim Siti Fathonah.

BACA JUGA:   Galian C Diduga Ilegal di Kawasan Perkebunan Kelapa Sawit Cempaga Harus Ditertibkan

Jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah, seiring dengan kategori pemilih pemula beranjak usia 17 tahun. Mengingat Pemilu 2024 bakal berlangsung pada 14 Februari 2024.

“Kami saat ini telah melakukan koordinasi dengan sekolah-sekolah karena tahun 2024 nanti, adik-adik kita di sekolah SMA kelas 1 dan 3 akan mempunyai hak untuk memilih,” ucapnya.

Untuk keakuratan data tersebut, pihak KPU Kotim telah mepakukan koordinasi dan meminta data siswa dan siswi di seluruh sekolah se Kotim.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Lanjutkan Masa Jabatan Setelah Gugatan ke MK Dikabulkan

“Setiap siswa yang berusia 17 tahun, kami selalu berkoordinasi dengan Disdukcapil. Karena kami tidak serta merta memasukan di dalam situs Sidalih, karena ketentuan utama data harus lengkap,” tutupnya.

Sementara, Rapat Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dipimpin langsung Ketua KPU Kotim Siti Fathonah, dihadiri jajaran Komisioner KPU Kotim, Bawaslu, Perwakilan dari Lapas Kelas III Sampit, Disdukcapil, Kepolisian, TNI, Kecamatan serta Partai Politik. (Cha/beritasampit.co.id).