Kalimantan Tengah Pacu Pembangunan di Perdesaan

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Tengah Aryawan. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memacu pembangunan di wilayah perdesaan guna meningkatkan kesejahteraan penduduk di desa-desa di wilayahnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Tengah Aryawan di Palangka Raya, Kamis 30 Juni 2022, mengatakan bahwa kemajuan pembangunan di perdesaan sudah terlihat dari peningkatan indeks desa membangun (IDM), yang dijadikan sebagai dasar dalam mengklasifikasikan desa menurut status kemajuan dan kemandirian. ​​​​​​

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Pasar Murah akan Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Ia kemudian mengutip laporan pendamping desa per 27 Juni 2022 yang menunjukkan bahwa ada 87 desa mandiri, 348 desa maju, dan 757 desa berkembang di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Data ini secara bertahap dari waktu ke waktu terus menunjukkan peningkatan ke arah yang semakin baik, tentunya berkat upaya dan sinergi bersama dalam pembangunan desa,” katanya.

BACA JUGA:   Beasiswa TABE Tak Kunjung Cair, Presma BEM UPR Angkat Bicara

“Kami bersama-sama instansi terkait lainnya terus bersinergi melalui berbagai program dan kegiatan kerja dalam upaya memacu pembangunan serta peningkatan kesejahteraan desa,” ia menambahkan.

Dia mengatakan bahwa peningkatan pembangunan desa tidak lepas dari penyaluran dana desa, yang telah mendorong desa-desa di Kalimantan Tengah membentuk badan usaha milik desa guna memanfaatkan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

ANTARA