Dewan Dukung Pembangunan Tower Telekomunikasi di Desa Rangan Kawit

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Desa Rangan Kawit Sebastian Boyet mendamping tim pembangunan tower mengecek lokasi.

KASONGAN – Warga Desa Rangan Kawit, Kecamatan Katingan Hulu Kabupaten Katingan menyambut baik rencana pembangunan menara (Tower) Telekomunikasi, dengan adanya tower ini tentu akan sangat memudahkan masyarakat dalam menerima dan mengakses informasi.

“Baru saja kami melakukan pengukuran dan titik koordinat melengkapi administrasi pembangunan tower. Setelah itu baru ada tim lagi ke tempat lokasi untuk pengurusan sertifikat tanah yang diperlukan,” ungkap Kades Rangan Kawit, Kasuma melalui sekdesnya Sebastian Boyet. Minggu, 03 Juli 2022.

Pembanguan tower ini juga dilakukan dibeberapa kecamatan di Kabupaten Katingan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendorong pembangunan 16 jaringan telekomunikasi baru, terutama di wilayah puluhan desa di Kecamatan Katingan Hulu, Bukit Raya, Petak Malai dan Kamipang.

“Ia desa lainya juga ada yang mendapatkan pembanguan tower, kami berterima kasih atas dukungan semua pihak tinggal sedikit lagi akses informasi juga bisa dinikmati warga kami,” tambahnya.

BACA JUGA:   Dewan Ingat Perusahaan Terkait Kewajiban THR untuk Karyawan

Menurutnya, layanan telekomunikasi menjadi salah satu solusi agar desa-desa di Katingan Hulu maupun desa-desa pendalaman di wilayah Katingan Utara yang masih belum tersentuh akses jaringan.

“Dengan ada rencana tower telekomunikasi ini nanti diharapkan supaya bisa menjadi lebih maju dan tidak tertinggal. Sehingga masyarakat pendesaan dengan mudahnya dapat mengakses beragam informasi untuk beragam keperluan baik dari segi Pertanian, bercocok tanam, berbisnis, informasi nasional maupun daerah dan untuk memajuk desa terkhususnya,” bebernya.

Menanggapi hal tersebut Anggota DPRD Katingan Sugianto mendukung rencana pembangunan tower tersebut, menurutnya masih banyak terdapat daerah-daerah yang belum terjangkau oleh infrastruktur telekomunikasi atau yang biasa dikenal dengan blank spot.

“Masalah blank spot ini merupakan selalu menjadi usulan setiap Reses dan Musrendes dan Musrenbang Kecamatan hampir stiap desa bagian utara, tentu dengan adanya tower nanti bisa membuka akses telekomunikasi yang diinginkan masyarakat kita khususnya bagian utara Katingan,” ungkap Sugianto.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi Giat Safari Ramadan Pemkab Katingan

Dia juga mendorong Pemkab melalui dinas terkait bisa mengawal proses pembangunan tower agar cepat terialisasi. Masyarakat Katingan di bagian hulu Katingan selama ini sudah lama menantikan kemudahan telekomunikasi.

“Kalau bisa secepatnya dibangun tower, karena sangat dibutuhkan. Saya mendengar langsung warga kita sangat menyambut baik terkait pemasangan tower di desa Rangan Kawit. Dengan adanya telekomunikasi tentu mempermudah para guru serta perawat dan bidan untuk buat laporan tentang data dan masyakat,” jelasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut mengakui jaringan komunikasi sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dengan cepat, dalam mendukung semua aspek pekerjaan.

“Semoga cepat teralisasi, masyarakat kita sudah lama menantikan kemudahan telekomunikasi,” pungkasnya.

(Kawit/Beritasampit.co.id)