Investor Harus Junjung Tinggi Adat Istiadat Warga Lokal

LULUS/BERITA SAMPIT- Ketua DPRD Murung Raya Dr. Doni, SP, M.Si penuh keakraban saat foto bersama masyarakat.

PURUK CAHU- Ketua DPRD Murung Raya Dr. Doni, SP, M.Si meminta agar perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batu bara tetap menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat yang dianut masyarakat sekitar tambang atau pun desa-desa binaan.

“Intinya perusahaan harus menerapkan pribahasa dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,” tegas Doni dihadapan peserta rapat konsultasi publik yang langsung dihadiri jajaran manajemen PT. MGM belum lama ini, Senin 4 Juli 2022.

Tak hanya itu, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga menekankan, agar pihak perusahaan untuk terus menjalin komunikasi dengan pihak pemerintah, baik ditingkat desa, kecamatan hingga di kabupaten.

“Walaupun kewenangan ada di provinsi dan pusat, tatapi bila terjadi masalah tentu yang langsung bergerak adalah pemerintah daerah. Maka dari itu komunikasi harus selalu dilakukan,” tambah Doni legislator dari Dapil III itu.

Ia juga meminta, agar program pemberdayaan masyarakat untuk terus selalu dilakukan oleh perusahaan, sebab hal itu sudah menjadi kewajiban serta diatur dalam undang-undang.

Sementara itu, Kapala Teknik Tambang (KTT) PT MGM, Edi Saputro menyampaikan selama itu perusahaan sudah melaksanakan program PPM, baik itu dibidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, pertanian, perikanan serta lain sebagainya.

“Berbagai program yang sudah disebutkan akan terus kami laksanakan, baik itu dalam periode operasi tambang dari tahun 2019-2032 sampai periode pasca tambang dari tahun 2033-2035 nanti,” pungkasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).