Masyarakat Kelurahan Banturung Jaga Kelestarian Alam melalui Kampung Tangguh Bencana

IST/BERITA SAMPIT - Suasana pembentukan kampung tangguh bencana

PALANGKA RAYA – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1016-02 Bukit Batu Serda Dwi Rakhmono menghadiri sosialisasi pembentukan kampung tangguh bencana, yang gagas oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, dan Kelurahan Banturung, yang dilaksanakan di Balai basara Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, Senin 4 Juli 2022.

BACA JUGA:   Sepasang Kekasih Dijatuhi Hukuman atas Kecurangan Pemilu 2024

“Tujuan dari pembentukan dan pengembangan desa tangguh bencana yang diselenggarakan oleh instansi terkait  ini adalah agar masyarakat desa yang tinggal di kawasan rawan bencana, bisa terlindungi dari dampak merugikan bencana yang menimpa wilayahnya,” katanya.

Dirinya menambahkan, selain itu tujuan dibentuknya hal tersebut, adalah agar masyarakat bisa mandiri jika ada bencana di wilayah tersebut. Sehingga cara yang ditempuh adalah meningkatkan peran masyarakat untuk mengurangi reskio bencana.

BACA JUGA:   Orang Tua Bayi Korban Dugaan Malpraktik Melabrak RSUD Doris Silvanus saat Konferensi Pers

“Selain itu, kampung tangguh bencana digalakkan, agar masyarakat bisa menjaga kelestarian alam, dan mampu menganalisa tindakan apa yang boleh, serta tindakan apa yang bakal menciptakan potensi bencana,” lugasnya. (Hardi/beritasampit.co.id)