Penyelenggaraan Turnamen Catur Menunjukkan Bangkitnya Event Olahraga di Kalteng

HARDI/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin, menghadiri Pelantikan Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov PERCASI) Kalimantan Tengah Masa Bakti 2021-2025. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa 5 Juli 2022.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengucapkan selamat atas dilantiknya jajaran Pengprov PERCASI Kalteng tersebut. Menjadi harapan kita bersama, Kepengurusan PERCASI yang telah dilantik ini dapat semakin memajukan dan meningkatkan prestasi catur Kalimantan Tengah, serta memasyarakatkan olahraga catur agar kian digemari di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila, Tanah Berkah Provinsi Kalimantan Tengah,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa diperlukan keseriusan, dedikasi, kerja sama dan kekompakan dari seluruh Pengurus Provinsi PERCASI Kalimantan Tengah, yang kemudian dirumuskan ke dalam program-program strategis pembinaan para atlet catur Kalimantan Tengah. Prestasi tidak bisa didapatkan dengan cara instan, harus melalui proses pembinaan secara sistematis dan berkelanjutan.

Kegiatan pada hari ini dirangkai pula dengan Pembukaan Turnamen Catur Piala Gubernur Kalimantan Tengah Tingkat Nasional Tahun 2022.

BACA JUGA:   Upaya Pemprov Kalteng Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat dengan Menyukseskan Registrasi Sosial Ekonom

“Saya menyambut baik dengan diselenggarakannya Turnamen Catur ini, yang terbuka untuk diikuti peserta bukan hanya dari Kalimantan Tengah saja, tetapi juga atlet-atlet catur dari provinsi lain se-Indonesia,” lugasnya.

Kejuaraan catur ini akan menjadi ajang pembinaan yang sangat bagus bagi para atlet catur, khususnya pecatur Kalimantan Tengah, untuk dapat menguji dan meningkatkan kemampuannya serta menambah jam terbang, melawan atlet-atlet catur berbakat dari provinsi-provinsi lain dari seluruh penjuru tanah air.

Dengan makin teruji dan makin tinggi jam terbang, para atlet catur tentunya akan semakin cakap dan percaya diri dalam bertanding. Turnamen Catur Piala Gubernur Kalimantan Tengah ini benar-benar kita harapkan nantinya, dapat turut melahirkan pecatur-pecatur andal dan berprestasi, yang mampu membawa nama harum di kancah nasional dan bahkan internasional.

“Penyelenggaraan Turnamen Catur Piala Gubernur ini menunjukkan mulai bangkitnya event-event olahraga di Kalimantan Tengah, setelah sekitar 2 tahun vakum akibat pandemi COVID-19 yang menghantam dunia. Sejumlah event olahraga telah, sedang, dan akan digelar di Kalimantan Tengah, yakni di Palangka Raya, antara lain Pekan Olahraga Pelajar Provinsi, Kejuaraan Nasional Panahan Senior, dan hari ini Turnamen Catur Piala Gubernur Tingkat Nasional. Kemudian, 28 Agustus nanti akan ada Kejuaraan Internasional Sepeda UCI Mountain Bike (MTB) Eliminator World Cup,” tandasnya.

BACA JUGA:   Seribu Paket Makanan Siap Saji Dikirim ke daerah banjir Gunung Mas

Kebangkitan dunia olahraga ini hendaknya memupuk semangat kita dalam berkarya, terutama untuk bersama-sama mendukung upaya percepatan pembangunan dan pemulihan ekonomi akibat pandemi. Disediakannya stand-stand untuk ditempati para pelaku UMKM di gelaran turnamen ini salah satu bentuk kreativitas mendukung hal itu. Tetap semangat dan pantang menyerah untuk meraih prestasi terbaik. Tidak lupa, junjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan jaga kesehatan.

“Saya berharap, jangan hanya sekedar menjadikan kejuaraan catur ini ajang berkompetisi saja, tetapi jadikan juga ajang menambah pertemanan dan mempererat rasa persatuan dengan saudara-saudara sebangsa dan setanah air,” harapnya.

Perlu diketahui Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov PERCASI) Kalimantan Tengah, Masa Bakti 2021-2025 dipimpin oleh Syaiful. (Hardi/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)