Bupati Sukamara Resmikan Puskesmas Perluasan

PENGHARGAAN : ENN/BERITA SAMPIT - Bupati Sukamara Windu Subagio saat menyerahkan penghargaan kepada petugas kesehatan.

SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu Subagio meresmikan Puskesmas Perluasan Pangkalan Muntai di Kecamatan Sukamara, Rabu 6 Juli 2022.

Windu Subagio mengatakan bahwa Puskesmas memiliki angka ideal cakupan layanan pada 25 ribu – 30 ribu jiwa, sementara Kecamatan Sukamara memiliki jumlah penduduk sekitar 32.626 jiwa.

“Idealnya memang Kecamatan Sukamara hanya memerlukan satu puskesmas saja,” kata Windu Subagio.

Namun kondisi jarak tempuh dan geografis beberapa desa dengan Puskesmas induk yang tidak memungkinkan sehingga perlu dibangun gedung Puskesmas baru yaitu di Desa Pangkalan Muntai.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendekatkan akses pelayaran kesehatan peningkatan mutu layanan perbaikan akses jalan serta penambahan fasilitas kesehatan,” terang Windu Subagio.

Windu Subagio mengungkapkan kebanggaan dengan berdirinya Puskesmas Perluasan Pangkalan Muntai Kecamatan Sukamara yang sudah bisa beroperasi bertepatan dengan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sukamara.

“Saya berharap kedepannya Puskesmas ini sangat layak dikembangkan menjadi Rumah sakit Pratama, meski saat ini masih menjadi bagian dari Puskesmas Sukamara dengan status rawat jalan, namun saya harap dapat segera beroperasi menjadi Puskesmas rawat inap,” tukas Windu Subagio. (enn/beritasampit.co.id).