RS Doris Sylvanus Tetap Pertahankan Tiga Zona Layanan COVID-19

Direktur RSDS Yayu Indriaty. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Rumah Sakit Doris Sylvanus (RSDS) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah masih mempertahankan tiga zona pelayanan atau penanganan untuk kasus COVID-19.

“Ada tiga zona tidak bisa ditutup, meliputi instalasi gawat darurat, unit perawatan intensif atau intensive care unit, serta rawat inap,” kata Direktur RSDS Yayu Indriaty di Palangka Raya, Rabu 6 Juli 2022.

Semua zona pelayanan tersebut tetap berjalan seperti biasa dan setiap tenaga kesehatan pada tiap zona terus melaksanakan tugasnya.

“Masalah COVID-19 masih tidak bisa kita lepas, walaupun saat ini mungkin kasusnya melandai. Tetap masyarakat harus waspada,” tegas Yayu Indriaty.

BACA JUGA:   BI Kalteng Siapkan Uang Tunai Rp 1,9 Triliun pada Bulan Ramadhan dan Idulfitri

Adapun berdasarkan data terakhir yang dirilis Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalimantan Tengah per 5 Juli 2022, akulumasi jumlah kasus terhitung sejak pertama hingga saat ini mencapai 57.201 kasus.

Dalam penjabarannya, sebanyak 55.473 sembuh, 1.693 meninggal, serta dalam perawatan meliputi di rumah sakit 14 orang dan 21 orang isolasi mandiri.

Hingga saat ini pemprov terus berupaya mengoptimalkan kekebalan kelompok atau herd immunity di tengah masyarakat dengan menyukseskan pelaksanaan vaksinasi terhadap seluruh sasaran kelompok.

Khususnya peningkatan capaian target vaksinasi untuk dosis ketiga atau penguat. Saat ini sudah ada 466 ribu lebih warga yang telah menerima vaksin dosis penguat atau setara dengan 22,90 persen, berdasarkan data terakhir yang dirilis tim satgas per 4 Juli 2022.

BACA JUGA:   Wabup Kotim Terima Kunjungan Pejabat Baru BPJS Ketenagakerjaan Sampit 

Kemudian untuk vaksinasi dosis pertama, realisasi capaian target sudah mencapai dua juta lebih warga atau 99,78 persen, sedangkan vaksinasi dosis kedua, realisasi capaian target sudah mencapai 1,7 juta lebih warga atau 84,17 persen.

Realisasi capaian target vaksinasi ini, berasal dari berbagai komponen masyarakat, meliputi SDM kesehatan, pelayan publik, kaum lansia, masyarakat umum dan rentan, remaja, serta anak-anak.

ANTARA