Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut Akan Mulai Diperbaiki Tahun Ini

IST/BERITA SAMPI T- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan Pransang.

KASONGAN –Bupati Katingan Sakariyas mengatakan Patung Pahlawan Nasional Tjilik yang roboh akan segera dibangun kembali, ia juga telah memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan evaluasi dan perencanaan terkait pelaksanaan dan renovasi Patung tersebut.

Hal itu diungkapan Bupati Sakariyas di sidang Paripurna ke-3 masa persidangan III DPRD Katingan yang digelar kemaren Rabu, 6 Juli 2022 dengan agenda penyampaian Bupati terhadap padangan umum fraksi-fraksi di DPRD.

Sebelumnya para anggota DPRD Katingan melalui Fraksi mendorong pemerintah segera membangun Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang merupakan salah satu ikon Kota Kasongan. Dirinya berharap langkah-langkah perbaikan sudah bisa dilaksanakan tahun ini dengan tetap memperhatikan kualitas konstruksi lebih baik dari sebelumnya.

“Saya juga meminta OPD terkait untuk lebih memperhatikan perawatan atas seluruh aset aset yang menjadi tanggung jawabnya, terutama untuk aset-aset yang menjadi sarana bagi pelayanan publik agar selalu dalam kondisi prima sehingga pelayanan kita kepada masyarakat tidak terganggu,” ungkap Bupati melalui pidatonya yang dibacakan Sekda Katingan Pransang, kemaren. Rabu, 06 Juli 2022.

Terkait usulan pemasangan traffic light maupun median jalan pada ruas jalan yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas, seperti di ruas  jalan ketika masuk Jalan Soekarno-Hatta maupun ketika keluar dari jalan itu.

“Saya sangat bersepakat dengan hal tersebut dan telah meminta OPD terkait melakukan langkah teknis yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut,” tambahnya.

Mengenai usulan pembuatan median jalan di ruas jalan Tjilik Riwut Pemkab Katingan masih melakukan koordinasi dengan pihak Provinsi, karena aset jalan tersebut tidak berada dalam penguasaan Pemkab Katingan.

“Saya sudah minta OPD berkoodinasi dengan pemerintah pusat melalui balai pelaksanaan jalan Provinsi Kalteng untuk segera mendapatkan solusi. Saya berharap langkah pengamanan dapat dilaksanakan dalam waktu sehingga masyarakat kita bisa lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas di ruas-ruas jalan yang ada,” harapnya.

(Kawit/Beritasampit.co.id)