Harga Bawang Merah Naik Hampir 50 Persen

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S. Ampung saat memimpin pemantauan pangan di Pasar Besar.

PALANGKA RAYA – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S. Ampung memimpin pemantauan pangan di Pasar Besar Kota Palangka Raya menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M, Jumat 8 Juli 2022.

Leonard S. Ampung menyampaikan bahwa pemantauan harga di Pasar Besar bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalteng dan Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan melihat perkembangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H.

“Berdasarkan pemantauan di lapangan ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan signifikan seperti bawang merah yang hampir naik 50 persen yang semula Rp 35.000 menjadi Rp 70.000 per kilogram” katanya.

Dia mengungkap, harga daging ayam masih normal. Sementara untuk daging sapi turut mengalami kenaikan hingga Rp160.000 sampai Rp170.000 per kilogram. Hal ini disebabkan karena pasokan yang terbatas dan distribusi yang terhambat seperti masalah administrasi.

“Untuk masalah administrasi dicoba untuk melakukan komunikasi kembali dengan Dinas TPHP provinsi bagaimana agar bisa dipercepat. Karena kita menjaga dan melindungi Kalteng dari penyebaran yang masif terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Itu yang kita buat regulasi yang harus disiapkan oleh pemasok dari luar ke Kalteng,” pungkasnya.

Selanjutnya, terkait naik dan turunnya harga tergantung dari pasokan dan distribusi. Dia mengungkapkan bahwa Pemprov Kalteng melalui instansi terkait terus berupaya untuk mengembangkan kemandirian pangan, setidaknya bisa untuk memproduksi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Untuk mengatasi permasalahan kenaikan harga jelang Hari Raya Iduladha, Pemerintahan Provinsi Kalteng melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar pangan murah dan pasar penyeimbang dari Disdagperin. Kita berharap dengan adanya ini bisa membantu masyarakat,” lugasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).