Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah: Pengelolaan Lembaga Bukan Bergantung Pada Person, Tapi Sebuah Sistem

PALANGKA RAYA – Tata kelola Perguruan Tinggi yang baik (Good University Governance) secara otomatis akan menjadi driven dari upaya untuk menghasilkan alumni yang berkualitas. Budaya kerja keras (hard work) serta sinergitas dari berbagai pihak menjadi modal penting bagi Perguruan Tinggi (PT) agar mampu mencapai visi dan misinya. Selain itu, pengelolaan PT juga harus berdasarkan pada sebuah sistem yang jelas, sehingga pengelolaan lembaga tidak lagi tergantung pada orang perorang.

“Pengelolaan lembaga idealnya tidak lagi bergantung pada person, tapi sebuah system,” ungkap Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec, selaku Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah pada Kegiatan Pembinaan Leadership and Penjaminan Mutu yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) bekerjasama dengan Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Sabtu 2 Juli 2022.

Dengan adanya system baku diharapkan PT dapat lebih sustainable, mengingat mekanisme pengelolaan lembaga memiliki alur yang jelas.

“Siapapun yang mendapatkan amanah untuk memimpin lembaga ini kedepannya dapat lebih fokus pada hal-hal yang bersifat makro karena sistemnya sudah berjalan dengan baik,” tambahnya.

“Pelatihan ini adalah yang pertama diselenggarakan, semoga nantinya dapat menjadi acuan kegiatan pembinaan setelahnya,” jelasnya.

Menguatkan pendapat dari Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec., Rektor UMPR Dr. Sonedi,M.Pd, saat ditemui di Aula Utama tempat berlangsungnya kegiatan mengungkapkan, bahwa sistem yang baik sudah tentu juga harus ditopang dengan adanya Sumberdaya Manusia (SDM) yang mantap. SDM yang menempati jajaran pimpinan selain harus memiliki skill individu di atas rata-rata juga harus berwawasan leadership serta memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni.

“Dengan mengikuti kegiatan pembinaan Leadership dan Penjaminan Mutu ini kami berharap para pimpinan di lingkungan UMPR semakin professional, terlebih lagi mereka akan dididik langsung oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah,” harap Dr. Sonedi, M.Pd.

Kegiatan Pembinaan Leadership dan PenjaminanMutu berlangsung selama 1 hari bertempat di Kampus Utama UMPR di Jalan RTA Milono, km 1,5 Kota Palangka Raya.

Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah terlibat langsung pada kegiatan yang tergolong masih perdana ini yang juga dihadiri Rektor UMPR, seluruh Wakil Rektor, seluruh Dekan Fakultas, dan seluruh Kepala Biro, Lembaga, dan Unit.

(BS65/beritasampit.co.id)