Lontar Jumroh Hari Kedua Dipimpin Kepala Kanwil Kemenag Kalsel

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel HM Tambrin saat memimpin lempar jumroh hari kedua dan mengunjungi jamaah haji di tenda Mina, Senin (11/7/2022). Antara/Humas Kemenag Kalsel

BANJARMASIN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin memimpin langsung rombongan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin ke tempat lokasi pelontaran jumroh hari kedua ke Jamarot, Arab Saudi, Senin 11 Juli 2022.

“Dalam pelaksanaan hari kedua lontar jumroh ini, kita ingin mengajak jamaah haji untuk tetap semangat dan bahagia melaksanakan setiap rangkaian ibadah haji, misalnya hari ini kita laksanakan secara bersama-sama agar dapat saling menjaga dan bekerjasama,” katanya melaporkan dari Arab Saudi, Senin 11 Juli 2022.

Tambrin menerangkan perjalanannya bersama rombongan menempuh jarak sekitar 3,5 kilometer untuk kegiatan lontar jumroh tersebut.

“Lokasi tenda jamaah haji kita dekat muara terowongan Mina, kita berangkat pukul 05.00 Waktu Arab Saudi (WAS) usai melaksanakan salat subuh di tenda atau musala yang tersedia dekat tenda di Mina sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” katanya.

Menurut Tambrin, penting pagi para petugas untuk selalu menunjukkan sikap bersemangat dalam memimpin setiap rangkaian ibadah.

Sebab hal ini akan membangkitkan percaya diri bagi jamaah haji untuk dapat menunaikan segala aktivitas ibadah nya dengan baik.

“Harus selalu bersemangat, akan tetapi perlu diingat untuk selalu jujur terhadap kondisi kesehatan diri jangan memaksakan ke Jamarot jika tidak dalam kondisi yang prima,” katanya.

Secara umum, katanya, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sehat, sebab secara langsung dirinya sudah bersilaturrahmi ke tenda-tenda di Mina.

“Alhamdulillah, dari tenda ke tenda jamaah haji di Mina yang saya kunjungi semua jamaah haji nampak gembira dan dalam kondisi yang sehat walafiat,” kata Tambrin.

Kondisi bahagia dari jamaah haji tersebut merupakan sebagian dari gambaran bahwa mereka selama ini sudah terlayani dengan baik khususnya di fase Armina ini.

“Mereka semua dalam keadaan sehat dan tetap kompak, kami berharap kondisi ini terus terjaga dengan baik,” ujarnya.

Tambrin tetap mengimbau kepada para jemaah haji agar jangan memaksakan diri untuk melontar jumroh secara mandiri apalagi punya riwayat penyakit risiko tinggi.

“Diusahakan untuk dapat pergi ke Jamarot secara berkelompok sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” kata Tambrin yang dapat tugas khusus dari Menteri Agama RI sebagai pengendali haji Indonesia di Arab Saudi.

Sebagaimana diketahui, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin berjumlah 7 Kloter yang terdiri dari 4 Kloter dari Kalsel, 2 Kloter dari Kalimantan Tengah dan 1 Kloter gabungan jamaah dari Kalsel dan Kalteng. Total haji sekitar 2.470 orang. (Antara/beritasampit.co.id).