Permintaan Sangat Tinggi, Stok Darah di UDD PMI Kotim Menipis

IBRAHIM JM/BEEITA SAMPIT - Pendonor darah di UDD Kotim, Senin 11 Juli 2022.

SAMPIT – Kondisi persediaan darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kotawaringin Timur menipis sedangkan permintaan dari rumah sakit dan klinik sangat tinggi.

“Stok darah menipis, saat ini yang tersedia golangan A ada 12 kantong, golongan B 71 , golongan O 14, dan golongan AB 6,” ujar Kepala UDD PMI Kotim, dr. Yuendri Irawanto, Senin, 11 Juli 2022.

Ia menerangkan, standar darah yang tersedia biasanya masing-masing golongan biasanya 100 kantong, sangat terbalik dengan kondisi saat ini. Ia pun berharap masyarakat untuk semua golongan darah, dapat mendonorkan darahnya di UDD PMI Kotim, demi keselamatan dan kesehatan pasien yang saat ini sedang terbaring sakit.

BACA JUGA:   Polsek Baamang Diminta Tegas Tangani Laporan Pungli Parkir SPBU KM 8 Tjilik Riwut

Sedangkan masyarakat yang belum pernah donor darah juga diminta partisipasinya untuk bisa menyumbangkan darahnya, karena saat ini banyak pasien di rumah sakit yang memerlukan darah dengan syarat umur 17 sampai 60 tahun dalam keadaan sehat.

“Kami mengharapkan pendonor darah untuk mencukupi permintaan rata-rata per hari 20 sampai 30 kantong, terutama dari RSUD Murjani Sampit dan klinik tempat orang melahirkan,” punkasnya

BACA JUGA:   Irawati Tetap Ingin Harati Hingga Periode Kedua, Jika Tidak Begini Langkahnya

Transfusi darah merupakan pilihan terakhir dalam pengobatan dan pada saat ini darah belum dapat diproduksi di luar tubuh manusia sehingga darah dari para pendonor merupakan bagian pengobatan yang sangat vital bagi penderita yang membutuhkan.

UDD PMI Kotim membukan pelayanan donor darah dari pukul 08.00-19.00 pada hari kerja senin sampai sabtu tepatnya di Jalan. A.Yani No. 6 Sampit.

(Aib/beritasampit.co.id)