Kepala Dinkes Barsel Ajak Masyarakat Cegah Penyakit DBD

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan, drg. Daryomo Sukiastono, M.AP.

BUNTOK – Di daerah Barito Selatan sering terjadi turun hujan dengan intensitas sedang sehingga rawan terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) apabila tidak menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Oleh sebab itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Selatan drg. Daryomo Sukiastono, M. AP mengajak masyarakat Kabupaten Barsel untuk selalu menjaga kesehatan diri termasuk juga dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Kata Dia, biasanya pada musim penghujan banyak ditemukan air tergenang sehingga akan lebih mempermudah nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu warga masyarakat diharapkan untuk selalu mewaspadai akan hal tersebut.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

“Untuk mencegah hal tersebut dapat melakukan gerakan 3M yakni Menguras, Menutup dan Mengubur,” kata Daryomo Sukiastono kepada beritasampit.co.id saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 13 Juli 2022.

Ia menjelaskan, bahwa menguras dilakukan dengan membersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air seperti bak mandi, tempat penampungan air minum, penampungan air lemari es maupun yang lainnya.

Adapun menutup, dilakukan dengan menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti tong air, drum air, toren air dan yang sejenisnya.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Sedangkan mengubur, dapat memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat berkembang biak nyamuk yang menyebabkan terjadinya penyakit DBD,” jelasnya.

Yang tidak kalah pentingnya juga, lanjut Dia, apabila terjadi gejala DBD maka wajib untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas maupun ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

“Selain itu juga, selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga ringan seperti joging dan olahraga ringan yang lainnya serta dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,” tandas Daryomo Sukiastono. (Ded/beritasampit.co.id).