Pelajar dan Mahasiswa Harus Aktif Promosi Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Muhammad Syarifuddin. ANTARA / Muhammad Fauzi Fadilah

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata menginginkan kalangan anak muda khususnya pelajar dan mahasiswa agar dapat turut aktif mempromosikan pariwisata daerah melalui media sosial.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Syafruddin kepada wartawan di Banjarmasin, Kalsel, Rabu 13 Juli 2022, menilai pelajar dan mahasiswa memiliki literasi yang baik terhadap penggunaan media sosial.

“Mereka bisa mengenalkan potensi Kalsel, baik itu wisata kuliner, dan lainnya melalui sosial media mereka. Ini hal yang mudah tapi memiliki dampak yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi kita,” ujar Syafrudin.

Kalangan pelajar dan mahasiswa, kata dia, dinilai juga memiliki idealisme yang baik dan tinggi untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalsel.

“Kami harap pelajar dan mahasiswa di Kalsel bisa membantu pemerintah dalam menentukan arah pembangunan pariwisata dengan berbagai inovasi dan kreativitas mereka,” ujar Syafrudin

Sudut pandang tersebut, masih menurut ia, juga telah sampaikan pihaknya saat bimbingan teknis beberapa waktu lalu, yang bertujuan agar membuka wawasan kepada seluruh kelompok yang terlibat dalam pengembangan sektor pariwisata.

Adapun destinasi wisata di Kalsel yang disebutnya menjadi prioritas pengembangan, ujar Syafrudin, di antaranya adalah wisata religi makam Guru Sekumpul, makam Datu Kalampayan dan wisata religi lainnya.

Selanjutnya, ia menyebutkan pula seperti wisata alam dan budaya pasar terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar dan wisata sungai lainnya di Kalsel. Di Kabupaten Barito Kuala, ada wisata alam buatan, ekologi bawah jembatan Barito. Lalu, di Kabupaten Hulu Sungai Utara ada wisata alam dan buatan kerbau rawa.

Setelah itu, ada kawasan wisata alam, buatan, budaya dan ekologi Geopark Meratus di penjuru Kalsel. Terakhir, kawasan wisata Kiram Park di Kabupaten Banjar. (Antara/beritasampit.co.id).