Pelatihan Bela Negara Beta Talawang I Tahun 2022 Resmi Ditutup, Dandim: Semua Komponen Bangsa Harus Didayagunakan

IST/BERITA SAMPIT - Dandim) 1016/Palangka Raya Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, saat menutup Pelatihan Bela Negara Beta Talawang I Tahun 2022, di Lapangan Sepak Bola Mayonif Raider 631/Antang

PALANGKA RAYA – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1016/Palangka Raya Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, resmi menutup Pelatihan Bela Negara Beta Talawang I Tahun 2022, di Lapangan Sepak Bola Mayonif Raider 631/Antang, Rabu 13 Juli 2022.

Latihan Bela Negara Beta Talawang 1 merupakan upaya untuk mendidik dan melatih kedisiplinan, serta menanamkan nilai-nilai nasionalisme, dan merupakan salah satu upaya mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Nilai-nilai dasar Bela Negara mencakup cinta tanah air, sadar berbangsa, dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara,” ucap Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan.

BACA JUGA:   Sepasang Kekasih Dijatuhi Hukuman atas Kecurangan Pemilu 2024

Dijelaskan, bahwa pelatihan Bela Negara Beta Talawang 1 yang dilaksanakan berupa metode latihan dasar, untuk membentuk sikap disiplin dan bertanggungjawab, agar para peserta nantinya menjadi pribadi yang berkarakter, disiplin, tegas, profesional serta cinta tanah air sesuai bidang profesi masing-masing.

Dandim 1016 Palangka Raya juga mengingatkan, bawa bangsa yang berkarakter tidak bersikap dogmatis dan menutup diri dari setiap perubahan dan pembaruan. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini, dimana arus tranformasi informasi yang begitu pesat seperti sekarang ini. Semua komponen bangsa harus didayagunakan, khususnya peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kesadaran Bela Negara yang tinggi.

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Berhasil Amankan 23 Barang Bukti dari Delapan Tersangka Curanmor

“Dengan berbagai bekal pengetahuan yang telah diberikan diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi para peserta, terutama dalam peningkatan disiplin baik di lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari,” lugasnya.

Dengan selesainya kegiatan Latihan Bela Negara Beta Talawang 1 ini, para peserta mampu menjadi individu-individu yang memiliki disiplin tinggi dan peka terhadap lingkungan serta bisa menjadi pelopor dan panutan di tengah-tengah bermasyarakat.

“Peserta Bela Negara setiap Triwulan akan dikumpulkan di Makodim 1016/Plk untuk dilaksanakan pengecekan dan apabila ada peserta yang belum mendapatkan pekerjaan akan dibantu untuk mendapatkan peluang pekerjaan,” tandasnya. (Hardi/beritasampit.co.id)