DLH Kotim Ajak Masyarakat Jangan Buang Sampah di Halaman Depo

ILHAM/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Machmoer.

SAMPIT – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur, mengajak masyarakat lebih peduli dan memahami cara membuang sampah yang benar di seluruh Depo Sampah yang disediakan.

Pasalnya, sampah tidak akan menumpuk atau meluber ke luar depo, jika masyarakat membuang dengan benar atau lebih kedalam depo yang rata-rata berukuran mampu menampung sekitar 50 ton sampah tersebut.

“Ketinggian Depo rata-rata 8 meter atau lebih, jadi daya tampungnya sangat besar jika membuang sampahnya dengan benar masuk kedalam depo. Namun terkadang masyarakat malas membuang kedalam dan membuat sampah berserakan menumpuk keluar depo,” terang Kepala DLH Kotim Machmoer, kepada media ini, Kamis 14 Juli 2022.

ILHAM/BERITA SAMPIT – Sampah yang meluber ke halaman disalah satu Depo Sampah di Jalan Kopi Selatan Sampit, Kamis 14 Juli 2022.

Ditambahkan, dalam satu hari setiap depo menampung hampir puluhan ton sampah, semuanya dibuang setiap hari oleh petugas kebersihan menggunakan armada angkutan truk.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Sampaikan Nota Kesepakatan Rancangan KUA dan PPAS 2023

“Saat ini ada 9 truk yang beroperasi, dan rata-rata setiap armada mengangkut 5 rit perhari di seluruh Depo,” ucapnya.

Tahun 2022 ini, DLH Kotim sedikit mendapatkan tenaga baru, pasalnya telah ada penambahan sebanyak 2 unit truk pengangkut sampah, yang diharapkan upaya pengangkutan sampah di seluruh depo bisa lebih baik lagi.

“Dalam sehari sekitar 100 ton lebih sampah yang dibuang ke TPA, dengan adanya penambahan 2 armada lagi tahun ini, kita bisa lebih cepat pengangkutan sampah yang menumpuk di depo-depo,” pungkasnya. (Cha/beritasampit.co.id).

(Visited 23 times, 1 visits today)