Aksi Jumat Bersih, Ajak Masyarakat Tidak Buang Sampah Sembarangan

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan gotong royong Jumat Bersih Pemerintah Kecamatan MB Ketapang, bersama jajaran Kelurahan di Jalan Kapten Mulyono, sekitar Bumi Ayu Sampit, Jumat 15 Juli 2022.

SAMPIT – Aksi Jumat Bersih yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar sadar menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Meski sering dilakukan upaya gotong royong pada sejumlah titik yang sering terdapat tumpukan sampah, namun tetap saja ada masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan, tidak ke Depo Sampah yang telah dibangun oleh Pemda.

“Saya mengajak warga masyarakat agar dapat membuang sampah ditempat-tempat yang sudah disediakan, jangan membuang sampah sembarangan dipinggir jalan atau jembatan, kasian nanti bisa jadi sumber penyakit, bisa jadi penyebab banjir dan lain-lain,” imbau Camat MB Ketapang Eddy Hidayat, kepada media ini, Jumat 15 Juli 2022.

BACA JUGA:   RSUD dr Murjani Sampit Belum Terima Pasien Caleg Terapi Kejiwaan Pasca Pemilu

Peran pemerintah tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan masyarakat membantu menjaga kebersihan lingkungan. “Kalo tidak ada waktu untuk membuang ke tempat sampah yang sudah disiapkan (depo sampah) bisa menggunakan jasa pihak ke 3,” katanya.

Eddy menambahkan, untuk Jumat ini Pemerintah Kecamatan MB Ketapang bersama jajaran Lurah menggelar gotong royong membersihkan tumpukan sampah pada titik sekitar Jembatan Patah, Jalan Kapten Mulyono.

BACA JUGA:   Sejumlah Posko Pengamanan Lebaran di Kotim Akan Didirikan

Pada kawasan tersebut, petugas banyak menemukan tumpukan sampah yang dibuang masyarakat sembarangan.

“Dulunya disekitar jembatan patah ini ada kontainer sampah, saat ini tidak ada lagi, tapi masyarakat tetap membuang kesitu,” katanya.

“Demi kenyamanan bersama, saya harap masyarakat sekitar jalan Bumi Ayu ini peduli terhadap kebersihan lingkungan dan membuang sampah ke Depo terdekat,” tandasnya (Cha/beritasampit.co.id).