Bandara AP II Siap Sambut Kepulangan Jamaah Haji mulai 15 Juli 2022

Jamaah calon haji tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram dalam rangkaian ibadah Haji di Kota Suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (1/7/2022). Jamaah calon haji akan melakukan wukuf di Arafah mulai Kamis 7 Juli malam hingga Jumat 8 Juli malam. ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/wsj.

JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan kesiapannya menyambut kepulangan jamaah haji dari Tanah Suci mulai Jumat 15 Juli 2022 malam ini.

Dirut AP II Muhammad Awaluddin mengatakan koordinasi telah dilakukan dengan seluruh pemangku kepentingan dalam menyambut kepulangan jamaah haji ke Tanah Air.

“AP II bersama stakeholder terkait antara lain Kementerian Agama, imigrasi, AirNav Indonesia, maskapai, ground handling, TNI/Polri dan stakeholder lainnya telah berkoordinasi untuk memastikan kelancaran kepulangan jamaah haji ke Indonesia mulai malam nanti,” kata Awaluddin di Jakarta, Jumat 15 Juli 2022.

Awaluddin menyampaikan rencananya pada Jumat pukul 23.05 WIB, Bandara Soekarno-Hatta menyambut kepulangan jamaah haji asal Jawa Barat yang tiba dari Bandara King Abdulaziz (Jeddah) menggunakan maskapai Saudia nomor penerbangan SV 5630 dengan jumlah total penumpang 406 orang.

Sementara itu, Bandara Minangkabau (Padang) malam ini juga menyambut kepulangan jamaah haji asal Sumatera Barat yang direncanakan mendarat dengan maskapai Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 3401 pada pukul 21.14 WIB dari Bandara King Abdulaziz dengan jumlah total penumpang 393 orang.

“Bandara AP II siap menyambut dengan hangat kepulangan jamaah haji untuk nantinya dapat bertemu kembali dengan keluarga. Kami berharap proses kedatangan jamaah haji di bandara AP II dapat berjalan lancar tanpa kekurangan apapun,” ujarnya.

Ia menuturkan seluruh bandara AP II yang melayani kepulangan jamaah haji telah menyiapkan rencana operasional guna memastikan kelancaran alur kedatangan mulai dari ketibaan pesawat hingga jamaah haji selesai memproses kedatangan di terminal penumpang.

Sementara itu, VP of Corporate Communications AP II Akbar Putra Mardhika menuturkan selain Bandara Soekarno-Hatta, bandara AP II lainnya yang menjadi debarkasi dan siap menyambut kepulangan jamaah haji adalah Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Bandara Minangkabau (Padang).

Kepulangan jamaah haji melalui Bandara Soekarno-Hatta pada 15 Juli-13 Agustus 2022; Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II pada 1-12 Agustus 2022; Bandara Kualanamu pada 22 Juli-1 Agustus 2022; Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh pada 26 Juli-1 Agustus 2022; dan Bandara Minangkabau pada 15 Juli-12 Agustus 2022.

“Seluruh slot penerbangan haji di bandara-bandara AP II telah disesuaikan dengan jadwal penerbangan reguler sehingga dipastikan operasional penerbangan dan bandara dapat berjalan lancar,” katanya.

ANTARA