Penataan Estetika Kota Pangkalan Bun, Rehab Bahu Plangton Jalur Hijau Hampir Tuntas Dikerjakan

Man/BERITA SAMPIT : Sejumlah pekerja sedang mengerjakan pembangunan rehab plangton jalal jalur hijau di Jalan Iskandar Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – Kadis PUPR Kabupaten Kotawaringin Barat  (Kobar) Hasyim Mualim, menjawab banyaknya pertanyaan mengenai pembongkaran atau rehab plangton jalur hijau Jalan Iskandar Simpang Empat Bank Kalteng Pangkalan Bun.

“Rehab tersebut, terkait dengan penataan estetika Kota Pangkalan Bun, maka rehab batu plangtong jalur hijau jalan Iskandar sedang dilanjutkan, dan pekerjaan tersebut anggaran tahun 2022, melanjutkan tahun 2021,“ kata Hasyim Mualim, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, Jumat 15 Juli 2022.

Dikatakan, dalam kegiatan rehab plangton jalan, sebelumnya telah menghimbau kepada pelaksana kegiatan, agar menjaga tanamannya jangan sampai terganggu oleh galian.

“Maaf saja, siapapun yang mengganggu tanaman penghijau disepanjang bagian tengan plangton jalur hijau akan dikenakan sanksi. Itukan dulu saat saya menjabat di Bagian Pertamanan, saya yang nanam pohon hias sekarang Alhamdullilah tanaman hias sudah subur, sehingga sepanjang jalur polangton nampak enak dipandang karena  hijau dan warna-warni bunganya,“ ujar Hasyim.

Dijelaskan Hasyim, rehab bahu plangton selain peningkatan estetika Kota Pangkalan Bun, juga untuk mengimbangi bahu jalan raya yang aspalnya semakin tinggi, bahkan didepan Kantor Kelurahan dekat Hotel Arsela, ada plangton jalan tembok pinggirnya sudah rata dengan aspal jalan raya, sehingga banyak pengendaran sepeda motor melintasnya.

“Sekarang, karena sudah direhab diganti dengan batu beton berlantai plangton jalau hijau sudah agak tinggi, sehingga sulit dilintasi sepeda motor,“ imbuh Hasyim.

Salah seorang mandor mewakili pelaksana, saat mengawasi kegiatan pekerjaa dikonfirmasi beritasampit, membenarkan sedang mengerjakan bahu planton jalan jalur hijau.

“Tadinya kan, tembok pinggiran plangton hanya didukung oleh batu bentuk kotak, semacam batu bata tapi batu. Sekarang semua dirubah, pinggiran planton didukung atau dipasang oleh batu beton yang istilahnya berlantai, bentuk L memanjang sekitar 50 centimeter,“ jawab Mandor. (man/beritasampit.co.id)