Siswa Baru SMA Negeri 3 Sampit Diperkenalkan Orientasi Kepramukaan

PRAMUKA : IST/BERITA SAMPIT – Ratusan siswa baru di SMA Negeri 3 Sampit mengikuti orientasi kepramukaan dalam rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang digelar selama 3 hari.

SAMPIT – Sebanyak 286 peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023 diperkenalkan orientasi kepramukaan gugus depan 445-446 Praja Aditya Smantri SMA Negeri 3 Sampit. Kegiatan ini masih dalam rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diselenggarakan di sekolah selama 3 hari.

“Iya, orientasi kepramukaan ini diperkenalkan kepada siswa baru karena ada kaitannya nanti dengan ekstrakurikuler,” kata Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMA Negeri 3 Sampit Candra Junawanti melalui rilis yang diterima redaksi media siber beritasampit.co.id, Jumat 15 Juli 2022.

Berdasarkan aturan, MPLS diadakan seluruh satuan pendidikan termasuk di SMA Negeri 3 Sampit. Kegiatan yang diagendakan hampir setiap tahun itu umumnya dilaksanakan selama 3 hari.

“Orientasi kepramukaan ini juga dikenalkan mengenai teknik kepramukaan yang disampaikan oleh ketua Majelis Pembina Gugus (Mabigus) dan pemateri dari dewan kerja ambalan, semua kegiatan dipusatkan di lingkungan sekolah,” ujar Candra.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Sampit H Livenur Hasby menambahkan, orientasi kepramukaan ini wajib diikuti seluruh siswa baru karena pramuka ini masuk dalam ekstrakurikuler.

“Sesuai amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Dasar gerakan pramuka, orientasi kepramukaan wajib diikuti, kalau di sekolah diadakan melalui ekstrakurikuler,” ujar Livenur.

Dia menambahkan, orientasi kepramukaan ini tujuannya untuk membentuk anak memiliki jiwa kepemimpinan, berkepribadian dan berbudi pekerti luhur serta berakhlakul karimah.

“Menurut kami, orientasi kepramukaan ini sangat baik, karena ini adalah salah satu cara bagaimana cara membentuk jiwa kepemimpinan anak didik, yang memiliki budi pekerti luhur dan berakhlak baik,” pungkasnya. (ifin/beritasampit.co.id).