Giat Pemulihan Ekonomi Masyarakat Pasca Covid-19: DPKP Gumas Berikan Pelatihan Budidaya Ikan

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Bidang Produksi Instansi Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas, Pieth Haryono, S.Pi.,M.Si saat memberikan materi kepada masyarakat.

KUALA KURUN – Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki potensi perikanan yang menjanjikan. Dimana lahan untuk kolam ikan masih sangat luas dan pasar tempat menjual hasil produksi perikanan juga sangat banyak.

Untuk itu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) daerah setempat memberikan pelatihan Budidaya dalam Bidang Perikanan kepada masyarakat Tumbang Pasangon, Kecamatan Kahayan Hulu Utara. Selasa 19 Juli 2022.

Kepala Bidang Produksi Instansi Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas, Pieth Haryono, S.Pi.,M.Si mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Tumbang Pasangon untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat terkait adanya dana desa yang di program oleh Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:   Macan Gunung Mas Bukber Bersama Masyarakat

Dimana, 20 persen dari dana desa dialokasikan untuk ketahanan pangan salah satunya di bidang perikanan dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat pasca Pandemi Covid-19.

“Karena itu masing-masing desa memprogramkan kegiatan dari dana yang 20 persen untuk kegiatan perikanan, peternakan dan juga perkebunan,” terang Pieth Haryono.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya dari dinas terkait terkhusus Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas siap untuk mendampingi ketika ada program dari desa di bidang budidaya ikan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan untuk desa.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Berharap KONI Bisa Wujudkan Pengembangan Olahraga dan Kepemudaan

Dia menjelaskan, pihaknya dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas hanya membantu secara teknis bagaimana cara budidaya ikan kepada masyarakat, baik dari persiapan kolam sampai dengan Pantene dan pasca panen.

“Kalau dana anggaran mereka sudah di bantu dari dana desa yang 20 persen, kita hanya membantu secara teknis,” ucapnya.

Untuk diketahui bahwa, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas telah memberikan pelatihan dibeberapa desa diantaranya, Desa Teluk Kawah, Desa Siruk, Desa Koroi, Desa Fajar Harapan, Desa Bereng Balawan, Desa Tumbang Pajangei dan Desa Tumbang Pasangon. (M.Slh/beritasampit.co.id).